Keluarga

30 Kata-Kata Pujian Untuk Istri, Bikin Pernikahan Makin Harmonis

30 Kata-Kata Pujian Untuk Istri, Bikin Pernikahan Makin Harmonis

Percaya nggak sih Bu? Kalau sering memberikan pujian untuk istri dapat meningkatkan level kebahagiaan dan hubungan pernikahan semakin sehat? Kalau Ibumin percaya banget, deh!

Karena Ibumin juga sudah merasakannya sendiri. Ternyata memberi pujian istri ataupun suami sedikit banyak bisa bikin mood kita lebih baik.

Mengutip dari laman Reader’s Digest, Michele Paiva, seorang psikoterapis di Downingtown, Pennsylvania, mengatakan bahwa pujian untuk istri atau suami bisa meningkatkan level dopamin dan oksitosin. Dengan begitu koneksi emosional akan menjadi lebih baik, mood meningkat, level kebahagiaan semakin tinggi, dan hubungan pernikahan semakin harmonis.

Pujian adalah unsur yang penting dalam pernikahan yang sehat dan bahagia. Pasangan yang saling memuji memberikan energi positif dalam pernikahan dan membuat mereka lebih bahagia, lebih aman, dan hubungan lebih sukses. 

Tapi, bagaimana cara memberikan pujian untuk istri yang baik ya? Yuk, simak manfaat memberi pujian dan variasi kata-kata pujian untuk istri yang bisa kamu pilih berikut ini!

Manfaat memberi pujian untuk istri

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa memberikan pujian untuk pasangan dapat memberikan banyak manfaat dalam hubungan pernikahan. Melansir dari laman Hindustan Times, berikut adalah manfaat memberikan pujian untuk kesehatan mental menurut Dr. Jyoti Kapoor, seorang psikiater di Manasthali. 

1. Meningkatkan harga diri

Ketika kita menghargai dan memberi pujian pada pasangan, ternyata tidak hanya meningkatkan harga dirinya saja tapi harga diri kita juga. Senang rasanya bahwa kita bisa memberikan dampak positif pada kehidupan pasangan, bahkan tentunya hubungan akan semakin erat dan hangat. 

2. Mendatangkan hal positif dan menghilangkan stres

Saat kita memperhatikan hal baik yang ada pada pasangan dan memujinya, hal itu akan menumbuhkan sikap positif dalam hubungan. Sikap positif ini dapat membantu mengurangi stres dalam hidup dan membuat hidup lebih rileks, yang bermanfaat bagi kesehatan mental. 

Menghargai pasangan dapat membantu meningkatkan komunikasi juga, lho! Jika kita mengungkapkan rasa terima kasih dan penghargaan atas apa yang dilakukan pasangan, maka pasangan akan berkomunikasi secara terbuka dan jujur pada kita. Win-win solution kan?

3. Meningkatkan kesejahteraan dan hubungan interpersonal

Mengungkapkan apresiasi dan rasa syukur, ternyata juga dapat mempererat hubungan emosional dan hubungan interpersonal dengan pasangan. Ketika kita merasa dihargai, maka akan terbentuk kedekatan dan keintiman yang dapat meningkatkan kesejahteraan dan hidup jadi lebih bahagia.

4. Menjadi lebih optimis

Berfokus pada aspek positif di dalam hubungan, dapat membantu mendorong pikiran positif dan pandangan yang lebih optimis. Ini akan membantu mengatasi situasi sulit dan meningkatkan kesehatan mental. 

5. Meningkatkan kepuasan 

Saat memberi pujian pada pasangan, tingkat kepuasan terhadap hubungan akan meningkat. Hubungan yang bahagia dan sehat, bisa menjadi support system yang kuat untuk meningkatkan kesehatan mental dan kesejahteraan hidup.   

Cara memberikan pujian untuk istri

Terkadang pujian yang diberikan secara tidak tepat, malah memunculkan perdebatan, terutama bila maksud dari pujian tidak tersampaikan dengan baik. Melansir dari laman University of Dalton, berikut adalah panduan untuk memberikan pujian untuk istri yang efektif.

  • Pujian harus membuat penerima merasa diinginkan dan diapresiasi

Sesekali, istri ingin merasa suami masih melihatnya seperti saat pertama kali jatuh cinta. Pujian yang tulus diucapkan dan apa adanya, harus membuat istri merasa diinginkan, diapresiasi, dan diistimewakan. 

  • Pujian yang spesifik

Memuji dengan spesifik akan membuat perasaan istri lebih berbunga-bunga dibandingkan dengan pujian pada umumnya. Misalnya, “Gaun itu cocok sekali untukmu, kakimu jenjang, dan kamu semakin bersinar!” akan lebih efektif ketimbang hanya memuji “Kamu sangat cantik!”. 

  • Perhatikan hal kecil

Jika pasangan melakukan sesuatu hal yang mengejutkan atau mengesankan, pujilah dia karena akan membuatnya merasa istimewa. Misalnya, “Kamu sangat sabar menghadapi keponakanmu. Kamu menanganinya dengan baik saat dia berulah.”

  • Berikan kejutan 

Memberikan pujian secara spontan akan membuat pasangan terkejut sekaligus tersenyum. Sering-seringlah memberikan pujian, jangan menyimpannya hanya untuk mencoba mengakhiri pertengkaran. 

  • Katakan yang sejujurnya

Pujian harus dikatakan sejujurnya supaya terdengar tulus. Pilih sesuatu yang benar-benar menggambarkan pasangan kita. Hindari untuk memuji secara tidak langsung, karena memungkinkan terjadinya kesalahpahaman. 

Berbagai pujian untuk istri yang wajib dicoba!

  1. Rasanya anak-anak bangga memiliki Ibu sepertimu, begitupun aku yang bangga memiliki kamu sebagai istriku. 
  2. Aku suka dengan kebaikan hatimu dan kesabaranmu. Anak-anak pasti bisa belajar banyak hal darimu!
  3. Sayang, baju itu jadi cantik saat kamu yang pakai. Memang kamu cocok pakai baju apapun!
  4. Terima kasih ya karena selalu menyambutku dengan hangat setiap aku pulang kerja!
  5. Wah, keahlian memasakmu nggak perlu diragukan lagi! Masakan ini sangat enak sayang!
  6. Aku tak tahu apa jadinya aku tanpamu, kamu benar-benar melengkapi hidupku!
  7. Inilah yang aku sukai setiap membuka mata, melihat wajah polosmu yang sangat cantik!
  8. Terima kasih sayang kamu selalu siap siaga menolongku saat aku butuhkan!
  9. Sayang, kamu adalah penyejuk hatiku, sandaranku, dan rumahku!
  10. Terima kasih sudah mau menerimaku dan menyempurnakan hidupku, aku mencintaimu!

Pujian untuk istri Islami

Nah, ternyata dalam Islam pun memberikan pujian untuk istri pun sangat dianjurkan. Ini dilakukan sebagai bentuk terima kasih dan apresiasi kepada istri, yang sudah cekatan dalam mengurus keperluan rumah tangga, anak, dan suami. Berikut adalah variasi pujian untuk istri islami yang bisa kamu coba.  

  1. MasyaAllah, beruntungnya aku punya istri seperti kamu, paket lengkap! 
  2. Semoga Allah senantiasa memberikan kesehatan, keberkahan, dan keselamatan untuk istriku yang cantik ini!
  3. Semoga Allah selalu menjaga ikatan pernikahan kita dan menjadikannya sakinah, mawaddah, warahmah ya, sayangku!
  4. Istri solehah, terima kasih ya karena kamu sudah berusaha untuk selalu melayaniku dan membantuku! 
  5. Ya humaira, semoga cintaku padamu bisa membuat imanku bertambah dan semoga kita bisa terus bersama hingga di surga-Nya kelak!
  6. Sayang, aku mencintaimu bukan tanpa alasan. Tapi aku menemukan kesederhanaan dan keistimewaan dalam dirimu yang tidak ku temukan selain dirimu! Dan semua itu atas izin-Nya yang menggetarkan hatiku saat melihatmu. 
  7. Terima kasih ya sayang karena sudah berjuang untuk melahirkan dan membesarkan anak-anak kita hingga saat ini dengan penuh keikhlasan dan keridhoan! Hanya Allah yang bisa membalasnya. 
  8. Wah, MasyaAllah ini masakan terenak yang pernah ku makan! Alhamdulillah ya Allah karena telah memberikan istri yang pintar memasak!
  9. Istriku, doakan aku dan bantulah aku untuk tetap berada dalam indahnya pernikahan ini, hanya bersamamu hingga ke jannah-Nya!
  10. Semahal apapun sebuah bantal, tak akan mampu menggantikan nyaman dan tenangnya bahu dan pelukan istriku untuk bersandar. Alhamdulillah, terima kasih ya! 

Pujian untuk istri bahasa Inggris

Sekali-kali memberikan pujian untuk istri bahasa inggris, juga patut dicoba lho! Selain bisa meningkatkan kemampuan bahasa inggris, memberi pujian untuk istri bahasa inggris juga membuat suami lebih keren, elegan, dan suasana semakin romantis

Jangan lupa untuk tetap spesifik dalam memuji ya! Berikut adalah contoh ucapannya

  1. I appreciated your kindness in visiting my sick uncle with me.
  2. I appreciate how lovely you looked in your new black dress you wore to the party last night.
  3. I know where our daughter gets their beauty from, of course from her mother. You look so gorgeous, sweetheart!
  4. You’re a perfect woman for me. I love you in every role and I’m glad that I can hold your hand!
  5. I love the way you look after our child! 
  6. That outfit looks good on you! I like it!
  7. I love how you’ve done your hair! You look amazing and stunning!
  8. Thanks for validating my feelings and always being there when I need you. You’re my comfort zone!
  9. Today was another one of those days that made me so glad and I never regret asking you to marry me! You’re the completion of my life!
  10. I am the luckiest person here because every day I eat delicious food that you make. This food is so tasty, honey!

Nah, itulah variasi kata-kata pujian untuk istri yang patut dicoba! Nah, satu hal yang tak kalah penting dari memberi pujian adalah, respon atas pujian tersebut. Jika mendapatkan pujian, berikanlah respon yang positif dan sesuai. Maka, kamu dan pasangan akan bahagia dan hubungan semakin dekat dan sehat. 

Editor: Aprilia