Keluarga

Perjuangan Orang Tua Tunggal Lewat Film Fatherhood Netflix

Perjuangan Orang Tua Tunggal Lewat Film Fatherhood Netflix

Ibu merupakan sosok yang sangat penting perannya bagi seorang anak. Namun bagaimana dengan seorang Ayah? Tentu saja peran Ayah nggak kalah penting dalam kehidupan seorang anak.

Tapi bagaimana kalau terpaksa menjadi Ayah tunggal apalagi dengan bayi yang baru saja dilahirkan sang Ibu? Nah, dalam rangka hari Ayah yang diperingati tiap tanggal 20 Juni kali ini coba ajak seluruh keluarga nonton film Fatherhood Netflix yuk.

Itung-itung sambil sedikit merayakan hari Ayah bersama keluarga saat weekend tiba. Jangan lupa sediakan tissue dan popcorn yah!

Fatherhood Netflix adalah kisah perjuangan seorang ayah


Film Fatherhood diperankan oleh aktor sekaligus komedian Kevin Hart bertransformasi menjadi sosok yang justru menunjukkan keharuan dalam film terbarunya tersebut. Dalam film ini dikisahkan Matthew Logelin (Kevin Hart) terpaksa menjadi seorang Ayah tunggal setelah sang istri meninggal dunia beberapa hari setelah melahirkan sebagai seorang bayi perempuan bernama Maddeline atau Maddy (Melody Hurd).

Alhasil, Matthew harus memulai hari-hari menjadi Ayah tunggal untuk seorang anak perempuan. Banyak sekali orang menganggap remeh dirinya terutama Ibu kandung dan Ibu mertua Matt yang tidak percaya bahwa ia bisa mengurus sang cucu.

Namun Matt tidak putus asa dan selalu berusaha mengurus segala keperluan Maddy seorang diri, termasuk mengganti popok. Awalnya memang berat bagi Matt hingga ia kesulitan untuk bekerja di kantor.

Beruntung Matt memiliki atasan yang baik dan mengizinkannya bekerja sambil membawa anak. Ia pun lambat laun belajar tentang bagaimana menjadi Ayah.

Hari berganti hingga akhirnya saat Maddy berusia 5 tahun beberapa orang di lingkungan Matt menyarankan agar Maddy mendapat sosok seorang ibu. Namun Matt tak berkecil hati, ia tetap yakin bahwa dirinya seorang diri mampu menjalani peran orangtua yang tunggal bagi Maddy.

Kisah cinta dan benci pun terjalin antar keduanya. Terutama ketika Matt bertemu dengan seorang wanita yang memiliki nama yang sama dengan almarhumah istrinya.

Film yang disutradarai oleh Paul Weitz ini terinspirasi dari kisah nyata lho Bu. Sehingga mungkin saja film Fatherhood Netflix juga bisa menjadi inspirasi untuk para Ayah tunggal di seluruh dunia.

Sang sutradara sebelumnya pernah membuat beberapa film seperti About a Boy (2002), American Pie (1999), Bel Canto (2018) dan Down to Earth (2001). Sementara, Kevin Hart merupakan seorang komedian yang juga pernah membintangi beberapa film seperti Jumanji (2017 - 2019), The Upside (2017), Get Hard (2015), dan lainnya.

Pelajaran yang dipetik dari film Fatherhood


1. Kembali bangkit setelah ditinggal pasangan

Kesedihan Matt Logelin bermula ketika sang istri meninggal dunia beberapa saat setelah melahirkan anak pertama mereka, Maddy. Lalu sang mertua memintanya untuk pindah ke Minnesota, agar sang mertua bisa bantu merawat anaknya.

Hal ini pun di dukung penuh oleh Ibu kandung Matt yang menambah rasa sedih dalam hati Matt. Seolah tak mau terpuruk dalam kesedihan, Matt akhirnya kembali bangkit dan memutuskan untuk merawat Maddy seorang diri di rumahnya.

Meskipun tak dipungkiri awal-awal hidup berdua dengan Maddy membuatnya sangat stres. Bangun tengah malam karena tangisan bayi, mengganti popok bahkan Matt bingung bagaimana harus menghadapi bayinya saat itu sedang mengalami kolik.

Namun Matt kembali tidak putus asa, ia bahkan rela ikut dalam perkumpulan orang tua yang di dominasi oleh para Ibu untuk mendapatkan solusi tentang kondisi Maddy yang sedang kolik. Jelas saja langkah yang diambil Matt di sini tepat sekali.

Matt selalu berusaha mencoba menjadi Ayah terbaik untuk Maddy. Keberanian dan tekadnya ini patut kita contoh sebagai orang tua maupun calon orang tua nantinya.

2. Support sistem untuk orang tua tunggal itu penting

Sebagai orang tua tunggal yang baru pertama kali memegang bayi Matt jelas keteteran dalam segala hal. Ia tak bisa berkonsentrasi dengan pekerjaan dan bahkan hampir melewatkan jadwal kontrol bulanan sang anak.

Beruntungnya, Matt memiliki support sistem yang solid dan bisa membantunya beradaptasi dengan peran barunya sebagai orang tua tunggal. Ibu mertua yang awalnya memaksa Matt untuk pindah bersamanya perlahan mulai percaya bahwa Matt merupakan sosok Ayah yang baik untuk Maddy.

Bahkan sang ibu mertua rela naik pesawat untuk memastikan Matt dan Maddy tidak melewatkan jadwal kontrol bulanan ke dokter anak. Hubungan keduanya pun pelan-pelan membaik demi tumbuh kembang Maddy.

Jadi dalam hal ini support sistem untuk orang tua tunggal sangatlah penting untuk menambah rasa percaya diri mereka dan membuat mereka merasa lebih disayang oleh lingkungannya. Sehingga otomatis juga mendapat kemudahan dalam mengurus sang anak.

3. Orang tua tunggal tetap butuh me time

Menjadi orang tua tunggal ada kalanya juga membutuhkan me time, lho. Walau sekadar ngobrol atau bertemu dengan teman-teman bisa menjadi me time yang menyenangkan bagi mereka.

Apalagi sebagai orang tua baru, kadang kita ingin mencurahkan seluruh waktu dan tenaga untuk mengurus anak. Hal ini juga dialami Matt, di awal cerita ia mendedikasikan seluruh waktu dan tenaganya untuk Maddy.

Bahkan sampai mengajak anaknya pergi bekerja dan melakukan skin to skin di hadapan klien. Namun orang tua tetaplah manusia biasa, yang butuh me time juga. Jadi tunggu apalagi nih Bu, yuk segera tonton film Fatherhood Netflix sekarang juga!

Penulis: Aprilia Ramdani
Editor: Dwi Ratih