Konsepsi

16 Makanan Penambah Sperma yang Mudah Didapatkan!

16 Makanan Penambah Sperma yang Mudah Didapatkan!

Makanan penambah sperma kental dianggap penting untuk dikonsumsi pada laki-laki supaya dapat membantu menghasilkan sperma yang sehat dan kental. Sperma yang sehat dan kental seringnya juga dikaitkan dengan kesuburan laki-laki dan sering mengacu pada kemampuan orang untuk bereproduksi tanpa bantuan medis. 

Tentu faktor keberhasilan memiliki momongan tidak hanya dinilai melalui itu saja, kedua pasangan suami istri harus sehat dan selebihnya adalah kuasa Tuhan YME. Ada banyak makanan penambah sperma sehat yang dinilai lebih aman dikonsumsi oleh laki-laki. 

Sebelum memutuskan pergi ke dokter, sebaiknya konsumsi secara rutin makanan penambah sperma kental sebagai terapi rumahan yang bisa dengan mudah dilakukan. 

Fungsi Seksual dan Infertilitas pada Laki-Laki

Sebelum lebih jauh mengetahui tentang makanan penambah sperma sehat, ada baiknya mengulik dulu secara tuntas fungsi seksual dan infertilitas pada laki-laki terlebih dahulu. Melansir dari laman Healthline, infertilitas laki-laki adalah saat seorang laki-laki dinilai memiliki kualitas sperma yang kurang bagus sehingga kurang berhasil saat melakukan program hamil secara alami.

Infertilitas pada laki-laki juga dapat disebabkan karena banyak faktor seperti faktor keturunan, gaya hidup tidak sehat, menderita penyakit tertentu, atau kurangnya asupan makanan tertentu seperti makanan penambah sperma sehat. Sementara itu, ternyata ada banyak fungsi seksual yang perlu kita kenal seperti berikut ini:

1. Libido

Libido merupakan dorongan seksual atau nafsu seksual pada seseorang. Libido juga sering kali dikenal dengan keinginan seseorang untuk melakukan hubungan seksual kepada lawan jenisnya. Libido yang rendah bisa didukung dengan sejumlah makanan atau suplemen yang akan membantu meningkatkan libido atau biasa disebut afrodisiak.

2. Disfungsi Ereksi

Salah satu faktor penentu keberhasilan program hamil tak melulu hanya tentang makanan penambah sperma kental dan sehat saja, kondisi testis pria juga harus sehat dan prima serta terhindar dari disfungsi ereksi yaitu kondisi dimana seorang pria tidak dapat mengembangkan atau mempertahankan ereksinya, dikenal juga dengan istilah impotensi. Biasanya terapi mengkonsumsi makanan penambah sperma saja tidak cukup dan harus mengkonsultasikan ini kepada tenaga medis yang berwenang.

3. Jumlah Sperma

Memiliki jumlah sperma yang berlimpah dan sehat menjadi salah satu kunci keberhasilan program hamil bersama pasangan. Aspek yang paling penting dari kualitas air mani adalah jumlah atau konsentrasi (kekentalan) sel sperma dalam jumlah tertentu. Pada kasus ini, jika suami Ibu memiliki kondisi sperma encer atau jumlahnya sedikit masih bisa didukung dengan mengkonsumsi makanan penambah sperma kental secara rutin.

4. Motilitas Sperma

Fungsi penting sel sperma yang sehat salah satunya adalah kemampuan sel sperma tersebut untuk berenang dan bertemu dengan sel telur. Sperma dinyatakan sehat dan mampu membuahi sel telur bila motilitasnya dinilai cukup baik dan mampu. Makanan penambah sperma sehat tetap dibutuhkan bila hal yang satu ini punya fungsi yang rendah.

5. Tingkat Testosteron

Infertilitas juga berkaitan erat dengan tingat testosteron yang ada pada tubuh laki-laki. Testosteron merupakan hormon seks pria yang juga memiliki tanggung jawab atas ketidaksuburan pada beberapa laki-laki. Selain makanan penambah sperma sehat, ada juga makanan untuk membuat hormon testosteron dalam tubuh laki-laki juga turut meningkat.

Makanan Penambah Sperma

Fungsi seksual pada laki-laki yang terganggu tetap bisa dibenahi bila tidak berkaitan dengan kondisi medis seperti memperbanyak kualitas sperma. Melansir dari berbagai sumber, berikut ini merupakan ragam makanan penambah sperma sehat dan kental yang perlu Ayah ketahui:

1. Bawang Putih


Bawang putih adalah salah satu bahan makanan yang sering digunakan sebagai bumbu dasar penyedap berbagai macam jenis masakan. Selain itu, khasiat bawang putih ternyata sudah tak diragukan lagi, beberapa diantaranya adalah mampu mencegah kanker dan dapat dijadikan sebagai makanan penambah sperma sehat. 

Mengutip dari laman Parenting First Cry, bawang putih mengandung allicin yang sangat diperlukan tubuh untuk merangsang sirkulasi darah ke bagian yang tepat. Darah ini akan mengalir dengan leluasa ke organ seksual dan akan melindunginya dari berbagai macam kerusakan. Pada bawang putih ditemukan juga Selenium yang merupakan enzim penting untuk membantu meningkatkan motilitas sperma.

2. Walnuts (Kacang Kenari)

Walnuts atau kacang kenari sudah sejak lama dikonsumsi karena bagus untuk memelihara kesehatan, terutama untuk nutrisi otak. Uniknya, kacang kenari juga dapat menjadi makanan penambah sperma kental yang sehat. Hal ini dikarenakan walnuts mengandung asam lemak omega 3 yang mampu menjadi salah satu sumber makanan penambah sperma sehat dan menjaga vitalitas sperma itu sendiri.

3. Kerang atau Tiram

Apakah ada yang suka mengkonsumsi seafood? Ternyata, seafood tak selamanya buruk bila dikonsumsi dengan takaran yang pas. Meskipun pada beberapa orang seafood akan membuat kolesterol naik, namun pada sisi lainnya seafood juga mendatangkan sejumlah manfaat. Salah satunya kerang atau tiram yang merupakan sumber zinc yang akan membantu meningkatkan motalitas sperma. Makanan penambah sperma sehat yang satu ini akan merangsang sistem reproduksi dengan menyediakan glikogen dan taurin.

4. Bayam


Konsumsi bayam tak hanya untuk membuat badan fit dan segar saja, tapi bermanfaat juga sebagai makanan penambah sperma. Bayam bagus dikonsumsi untuk tubuh karena mengandung asam folat yang juga tinggi. Selain itu, bayam mudah sekali ditemukan di Indonesia dan seringnya menjadi menu andalan bagi keluarga tercinta terutama anak-anak. Bayam bisa dijadikan menu masakan lezat dan dapat juga dicampur dengan buah lainnya untuk dijadikan green smoothies yang segar!

5. Dark Chocolate

Dark chocolate sudah lama dikenal memiliki khasiat untuk kesehatan meski rasanya tak semanis coklat pada umumnya. Selain untuk menu diet Ibu, dark chocolate dapat meningkatkan jumlah sperma Ayah. Biji kakao yang terkandung pada dark chocolate juga memiliki kandungan antioksidan dan enzyme L-Arginine yang bermanfaat sebagai makanan penambah sperma. Dark chocolate bisa dikonsumsi begitu saja atau dijadikan campuran untuk makanan penutup serta smoothies yang enak.

6. Pomegranate (Buah Delima)


Buah delima atau yang lebih sering dikenal dengan Pomegranate ini bisa ditemui di toko buah maupun swalayan besar. Buah yang satu ini sudah sejak lama dikenal sebagai makanan yang mampu meningkatkan gairah seks pada seseorang. Buah delima mengandung antioksidan yang tinggi dan juga mengandung sejumlah vitamin penting yang dibutuhkan pada tubuh. Tak heran bila buah delima juga merupakan salah satu makanan penambah sperma sehat serta kental.

7. Wortel


Sayuran seperti wortel ini tak cuma mudah didapatkan dan diolah, tapi punya segudang manfaat ekstra untuk tubuh manusia. Selain bagus untuk kesehatan mata, wortel kaya kandungan beta-karoten dan antioksidan yang akan menjaga kesehatan sperma pada laki-laki serta akan melindunginya dari bahaya radikal bebas. Wortel dapat menjadi salah satu piliha makanan penambah sperma yang sehat juga bergizi. Wortel juga disinyalir mampu membantu mobilitas sperma sehingga dapat mencapai sel telur dengan mudah.

8. Kacang-Kacangan


Lentils atau kacang-kacangan merupakan sumber asam folat yang merupakan elemen penting dalam memproduksi sperma. Oleh karenanya, tak heran bila banyak ahli menyarankan untuk mengkonsumsi lentils yang sudah matang sebagai asupan makanan penambah sperma kental. Asam folat pada lentils juga dapat berfungsi menghindarkan laki-laki dari bahaya kelainan kromosom.

9. Daging Merah 


Daging merah dapat ditemukan pada daging sapi segar atau daging lainnya yang memiliki tekstur sejenis. Daging merah merupakan sumber zinc yang bagus bagi tubuh bila dikonsumsi secara wajar. Daging sapi mengandung banyak asam folat dan selenium yang dapat membantu meningkatkan kualitas dan jumlah sperma pada laki-laki. Ini merupakan kabar baik bagi Ayah yang menyukai daging merah karena dapat menjadi makanan penambah sperma juga!

10. Olive Oil

Olive oil atau minyak zaitun juga memiliki fungsi lain yang tak kalah menyehatkan, yaitu membantu meningkatkan jumlah sperma dan dapat memelihara kualitas sperma. Olive oil juga dapat membuat kadar kolesterol jahat tetap rendah, mampu meningkatkan aliran oksigen ke testis dan dapat membantu dalam pembentukan sperma yang sehat dan prima. Makanan penambah sperma yang satu ini biasanya dapat ditemui di supermarket besar ya!

11. Tomat


Tak perlu repot mencari makanan penambah sperma sehat karena ini bisa juga ditemukan pada tomat. Sayuran sekaligus buah yang satu ini merupakan makanan kesuburan yang baik dan mengandung likopen yang merupakan antioksidan. Zat-zat tersebut berguna untuk memperbaiki struktur dan aktivitas sperma. Mengkonsumsi tomat secara teratur dapat meningkatkan kesuburan pada laki-laki. 

12. Keluarga Buah Berry


Kabar baik bila Ayah menyukai buah dari keluarga berry seperti stroberi, goji beri, raspberry, cranberry, hingga blueberry. Tak hanya memiliki rasa yang manis, asam, serta segar saja, kandungan antioksidan yang cukup tinggi dapat membantu menjaga vitalitas tubuh. Selain itu, zat anti-inflamasi seperti quercetin dan resveratrol dapat meningkatkan kualitas dan produksi sperma. Cara pengolahan makanan penambah sperma kental yang satu ini juga cukup mudah, bisa dikonsumsi begitu saja atau dijadikan jus dan smoothies lezat.

13. Telur


Tak perlu susah payah memikirkan makanan penambah sperma yang berkualitas karena bahan makanan tersebut bisa dengan mudah kita temui di lingkungan sekitar. Salah satunya adalah telur, bahan makanan ini hampir ada dimana-mana bukan? Telur sudah lama dikenal sebagai makanan super untuk meningkatkan jumlah sperma. Telur juga kaya akan vitamin E dan protein yang dapat membantu motilitas sperma. Vitamin dan gizi pada telur mampu membantu tubuh melawan radikal bebas juga!

14. Asparagus


Asparagus merupakan salah satu jenis sayuran yang kemungkinan akan sulit ditemui di Indonesia. Namun bila Ibu atau Ayah ingin mencobanya, sayuran jenis ini akan banyak tersedia di supermarket besar yang menjual produk impor lainnya. Asparagus memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga mampu membantu melindungi sperma dan radikal bebas. Sayuran ini juga merupakan makanan penambah sperma yang sering dikonsumsi lho. Mengkonsumsi asparagus juga akan membuat proses reproduksi berjalan dengan baik, salah satunya membuat sperma kuat berenang menuju sel telur untuk dibuahi.

15. Pumpkin Seeds (Biji Labu)


Pumpkin seeds atau biji labu biasanya tersedia matang atau sudah melalui proses oven (pangganga). Biji-bijian yang satu ini juga cukup enak dikonsumsi terutama bila dicampurkan ke dalam semangkut oatmeal hangat saat sarapan. Pumpkin seeds mengandung antioksidan, pitosterol, serta asam amino yang dapat meningkatkan kesuburan pada pria. Biji labu dapat menjadi makanan penambah sperma kental, meningkatkan jumlah sperma, motilitas, dan menjaga vitalitas pria secara keseluruhan.

16. Pisang


Pisang juga sudah sejak lama dikenal sebagai makanan penambah sperma sehat. Hal ini dikarenakan pisang memiliki kandungan vitamin B1, C, dan magnesium yang mampu meningkatkan mobilitas sperma. Pisang juga mengandung enzim langka yang disebut dengan Bromelain yang juga berfungsi sama sebagai peningkat kualitas sperma. Selain itu, pisang juga mampu membuat suasana hati menjadi lebih baik.

 

Editor: Atalya