Rekomendasi

8 Referensi Merk Playmat Bayi Berkualitas dan Aman

8 Referensi Merk Playmat Bayi Berkualitas dan Aman

Playmat bayi, sekadar tempat bermain atau memang diperlukan sih? Playmat sekarang ini menjadi barang yang mesti dimasukkan ke dalam daftar perlengkapan bayi.

Kenapa Membutuhkan Playmat Bayi?

Menurut penjelasan dari babysecurity.co.uk, pada dasarnya, playmat bayi punya dua manfaat yang utama. Pertama, menjaga keamanan bayi. Karena playmat bayi lembut dan empuk, maka bisa menahan benturan, seandainya anak terjatuh. Dengan tambahan bumper (bumper mat), juga bisa menahan bayi agar nggak "keluyuran", misalnya ketika Ibu sedang memasak, mandi atau ketika harus ke toilet. 

Bermain di playmat pun dinilai lebih aman, daripada bayi bermain langsung di atas lantai atau di karpet. Bayi, kan, sering tiduran dan suka memasukkan tangannya ke mulut, nah, kalau ia menyentuh lantai, khawatir kotoran dan kuman yang ada di lantai bisa berpindah pada bayi. Karpet di rumah pun pastinya nggak luput dari kotoran, walaupun dibersihkan setiap hari. Belum lagi, bulu dan tungau pada karpet bisa menyebabkan masalah bagi kesehatan bayi.

Manfaat kedua, playmat bayi juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk membantu meningkatkan tumbuh kembangnya, dengan cara bermain sambil belajar, misalnya melakukan tummy time di playmat. Tummy time adalah permulaan untuk melatih bayi mengangkat lehernya, yang kemudian akan berkembang sebagai persiapan bayi merangkak dan berjalan. 

Selain itu, di playmat bayi akan belajar terlentang dan berbalik. Untuk mendukung kegiatan bayi, Ibu bisa meletakkan beberapa mainan untuk anak, dan biarkan ia mengeksplor mainannya tersebut. Hal ini baik untuk membantu melatih koordinasi mata serta tubuh bayi, juga melatih kekuatan otot dan tulangnya. Kegiatan belajar menyenangkan lainnya, misalnya meletakkan playmat di depan cermin dan membuat berbagai mimik, bayi akan berusaha mengikuti gerakan Ibu.

Kapan, ya, harus membeli playmat bayi? Playmat mulai dibutuhkan di sekitar umur bayi tiga bulan, karena di usianya ini ia sudah bisa beraktivitas lebih banyak, dan inilah saatnya bermain dan memberikan stimulasi. 

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Playmat Bayi

  • Pastikan Ibu memilih playmat dengan bahan yang aman untuk anak, misalnya BPA free dan bebas racun lainnya.

  • Bantalan playmat bayi mestilah lembut, nyaman dan mampu menahan benturan. Periksa pula bagian ujungnya, pastikan nggak ada bagian yang kasar.

  • Pilih playmat yang bahannya mudah dibersihkan dan nggak beraroma. 

  • Bobot yang mudah untuk dipindah-pindahkan dan sesuaikan dengan ukuran ruangan.

  • Bahan harus berkualitas, sehingga tahan lama, tidak mudah mengelupas dan warnanya nggak cepat pudar.

  • Pilih warna dan motif yang menarik. Warna dan motif ini bisa menjadi sarana belajar bayi, serta membuatnya terhibur.

  • Tidak berisik ketika diinjak.

Apa Merk Playmat bayi yang bagus? Berikut ulasan singkatnya.

  1. Yofi Mat

    Rekomendasi Playmat Bayi Yofi Mat

    Ibu mencari playmat dengan harga yang terjangkau, Yofi Mat ini bisa menjadi pilihan Ibu. Playmat ini punya beberapa keunggulan, misalnya produk tidak berbau, BPA free, gampang dibersihkan dan pastinya anti air. Namun, menurut ulasan, playmat bayi ini kurang tebal, menimbulkan bekas emboss di kulit anak jika lama duduk di atas playmat, serta menimbulkan bunyi jika diinjak. Untuk pilihan, Yofi Mat memiliki jenis folding mat, interlocking mat dan Yofi Playmat. Harganya, berkisar dari Rp259.000 hingga Rp579.000. Untuk informasi lebih lengkap, Ibu bisa mengeceknya di akun IG @yofi_official atau bisa melihat official store mereka di beberapa marketplace dengan nama akun yang sama ya.

    Dapatkan Yofi Mat di e-commerce berikut ini:
    - Shopee 
    - Tokopedia 
    - Blibli 

  2. Parklon Playmat

    Rekomendasi Playmat Bayi Parklon Playmat<

    Parklon playmat adalah salah satu perusahaan produsen playmat pertama di Indonesia. Parklon Playmat punya beberapa keunggulan, di antaranya anti-slip, mudah dibersihkan, bebas racun, bahannya berkualitas sehingga lebih awet, anti air, tidak menciptakan suara berisik ketika digunakan dan pastinya empuk. Jika Ibu mencium aroma ketika membuka kemasannya, nggak perlu khawatir, ya, Bu. Aroma tersebut dihasilkan dari kandungan bebas racun, sehingga aman untuk bayi, bahkan untuk bayi baru lahir sekalipun. Jika terasa mengganggu, cukup lap matras dengan air sabun.

    Ada beberapa jenis playmat bayi milik brand ini, misalnya PE Roll, PE Premium Silky Mat, PE Folding, PVC Soft Mat dan PU Folder and Bumper Mat. Untuk harga, setiap jenis punya harga yang berbeda. Kisarannya harganya yaitu mulai dari Rp435.000 (untuk jenis PE Roll) hingga harga Rp2.600.000 (untuk Bumper Mat). Jika ingin playmat yang gampang untuk dipindah-pindahkan, pilih playmat bayi jenis PE Roll, karena bobotnya lebih ringan. 

    Dapatkan Parklon Playmat di e-commerce berikut ini:
    - Shopee 
    - Tokopedia 
    - Lazada 
    - Blibli 

  3. Dr. Bebe Playmat

    Rekomendasi Playmat Bayi Dr. Bebe Playmat<

    Dr. Bebe Playmat adalah alas bermain berbentuk lingkaran yang didesain dua sisi, dengan bahan seersucker yang lembut, tahan lama dan breathable. Dr. Bebe playmat juga didesain dengan motif-motif yang lucu, yang diharapkan bisa meningkatkan imajinasi pada anak. Selain itu, kain pada playmat ini bisa dilepas dan dicuci. Oh, ya, playmat ini ukurannya kecil, ya, dan bobotnya hanya 6 kg saja. Ibu bisa memesan produk ini langsung pada situsnya di tautan ini, seharga Rp459.000. 

    Dapatkan Dr. Bebe Playmat di e-commerce berikut ini:
    - Shopee 
    - Tokopedia 
    - Lazada 
    - Blibli
    - Zalora 

  4. Marcus & Marcus Reversible Playmat

    Rekomendasi Playmat Bayi Marcus & Marcus Reversible Playmat<

    Playmat bayi merk ini terdiri dari lima lapisan. Tapi, meskipun bahannya padat, Marcus & Marcus Reversible Playmat ini tetap mudah untuk digulung, ya, jadi mudah seandainya perlu disimpan. Permukaannya gampang dibersihkan, lembut, anti slip dan pastinya BPA free. Setidaknya ada dua jenis yang bisa Ibu beli di Indonesia, yang pertama, seperti yang dijual di situs mothercare.co.id, playmat ini ukurannya lebih kecil, punya bahan yang lebih gampang dibersihkan, bahkan bisa dibawa-bawa, untuk harganya tentu saja yang kecil ini lebih terjangkau, ya. Jenis lainnya, seperti yang bisa Ibu cek di marketplace berikut. 

    Marcus & Marcus Reversible Playmat, bisa dibeli dengan harga Rp525.000. Jangan lupa, membaca dengan teliti deskripsi produk, ya, misalnya, di sini tertera ketebalan playmat yang hanya setebal 1cm.

    Dapatkan Marcus & Marcus Reversible Playmat di e-commerce berikut ini:
    - Shopee 
    - Blibli 

  5. Lumba Playmat

    Rekomendasi Playmat Bayi Lumba Playmat<

    Lumba playmat adalah salah satu trusted brand lainnya. Brand Lumba tengah melakukan perbaikan, salah satunya adalah untuk menggunakan bahan antibakteri pada produk-produknya, salah satunya adalah pada soft mattress, sehingga tempat bermain untuk anak ini senantiasa higienis. Untuk membeli produk asli dari Lumba, Ibu yang berdomisili di Bandung, bisa langsung mengunjungi toko offline-nya, bagi yang berada di luar Bandung, bisa membeli playmat bayi ini secara online dengan menekan tautan berikut. 

    Soft mattress Lumba dijual mulai dari harga Rp850.000 hingga Rp1.100.000. Nggak hanya playmat, tapi Lumba juga punya banyak produk lainnya, seperti bumper bed, bed cover hingga soft toys. Nah, dengan mengunjungi store ini, Ibu bisa membeli beberapa kebutuhan anak sekaligus. Praktis, kan?

    Dapatkan Lumba Playmat di e-commerce berikut ini:
    - Shopee 
    - Tokopedia 

  6. Coby Haus Playmat

    Rekomendasi Coby Haus Playmat<

    Jika Ibu dan Ayah mencari playmat dengan bahan yang berkualitas dan ringan, Coby Haus Playmat bisa menjadi salah satu pilihan. Coby Haus playmat dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu Premium Bubble Mat, Pure Living Mat dan PVC Playmat (yang tersedia dalam dua ukuran). Untuk playmat bayi, harganya bervariasi, mulai dari Rp825.000 hingga Rp3.300.000. Tersedia juga produk lainnya seperti Coby Fence, Lolly Gummy atau sekalian saja, nih, Bundling, jadi Ibu dan Ayah nggak perlu repot-repot mencari kebutuhan untuk mengisi area bermain si Kecil. Informasi pembeliannya, silakan langsung klik di sini. Pelayanannya juga keren, loh, jika Ibu ingin mengetahui produknya lebih lanjut, bisa langsung live chat di situsnya, ya.

    Dapatkan Coby Haus Playmat di e-commerce berikut ini:
    - Shopee 
    - Tokopedia 
    - Blibli 

  7. Mamacoco Playmat

    Rekomendasi Mamacoco Playmat<

    Sama, nih, dengan Coby Haus Playmat, Mamacoco Playmat juga ‘mengantongi’ sertifikat keamanan dari Eropa. Mamacoco Playmat, dengan aircell pads asal Korea berketebalan 5cm. Bahannya pun aman, maka bisa digunakan oleh bayi yang baru lahir sekalipun serta mudah untuk dibersihkan. Playmat merk ini bisa dilipat, ya, bukan digulung. Untuk informasi produk lebih lanjut, Ibu bisa melihatnya di akun IG @mamacoco_indonesia Mamacoco Playmat dijual mulai harga Rp899.000.

    Dapatkan Mamacoco Playmat di e-commerce berikut ini:
    - Shopee 
    - Tokopedia 
    - Lazada 
    - Blibli 

  8. Ggumbi Playmat

    Rekomendasi Ggumbi Playmat<

    Ggumbi PVC Mat, punya beberapa kelebihan, nih, misalnya bantalannya yang padat, tebal dan empuk. Bahkan katanya, telur pun nggak pecah, loh, jika jatuh di atas playmat ini. Teknologi anti air dan reinforce coating-nya juga bikin permukaan playmat bayi ini gampang untuk dibersihkan, nggak gampang robek dan dengan dua sisi motif. Ggumbi playmat adalah pilihan pas jika Ibu mencari playmat ukuran besar. Ggumbi playmat bisa dipesan melalui akun IG @ggumbi_id atau di beberapa marketplace dengan keterangan lengkapnya, silakan cek di akun tersebut ya. Yuk, order Ggumbi playmat, dengan harga Rp2.290.000.

    Dapatkan Ggumbi PVC Mat di e-commerce berikut ini:
    - Shopee 
    - Tokopedia
    - Blibli 

Dengan mempertimbangkan manfaatnya, playmat bayi ternyata nggak sekadar untuk tempat rebahan untuk anak ya, Bu, tapi banyak juga kegunaannya.

Penulis: Stephanie
Editor: Dwi Ratih