Balita

Jangan Salah Pilih! Ini Mainan Edukasi Anak 2 Tahun

Jangan Salah Pilih! Ini Mainan Edukasi Anak 2 Tahun

Mungkin Ibu sedang mencari mainan edukasi anak 2 tahun jelang ulang tahun ke-2?

Usia 2 tahun pertanda si kecil sudah mulai memasuki tahap balita. Tentu saja mainan bagi balita jauh berbeda dibandingkan mainan bayi. Si kecil mengalami perkembangan pesat baik kemampuan dan pribadinya.

Salah satu cara memberikan stimulasi optimal pada si kecil adalah memberi mainan edukasi anak 2 tahun. Pemilihan mainan anak jangan hanya berdasarkan bentuk yang lucu dan unik saja, tapi juga harus sesuai dengan usia yang dapat menstimulasi tumbuh kembangnya. 

Ada banyak hal yang dipertimbangkan oleh Ibu dalam memilih mainan edukasi anak 2 tahun. Mulai dari kualitas, keamanan, target usia, manfaat, hingga harga. Simak daftar rekomendasi mainan edukasi anak 2 tahun yang bisa menjadi inspirasi Ibu untuk hadiah ulang tahun si kecil yang ke-2.

1. Mainan yang melatih gerak motorik halus anak

Anak-anak usia 2 tahun memiliki keterampilan tangan yang mulai berkembang membuat mereka dapat menyusun mainan yang memiliki bagian-bagian kecil. Ibu dapat memilih mainan edukasi anak 2 tahun yang membuat anak perlu menggerakkan jari-jarinya sehingga terangsang motorik halusnya.

Jenis mainan edukasi anak 2 tahun yang dapat melatih gerak motorik halus anak meliputi:

Balok

jangan-salah-pilih-ini-mainan-edukasi-anak-2-tahun-1

Tidak hanya seru, permainan balok seperti Lego sangat baik untuk melatih kecerdasan anak 2 tahun. Rekomendasi mainan edukasi anak 2 tahun untuk kategori balok adalah Lego Duplo yang memiliki ukuran lebih besar daripada Lego biasanya sehingga mengurangi risiko tersedak pada anak yang lebih kecil. Selain itu, Lego mengklaim bahwa produknya tidak mengandung material yang berbahaya sehingga aman bagi si kecil.

Stacking toys

jangan-salah-pilih-ini-mainan-edukasi-anak-2-tahun-2

Stacking toys adalah jenis mainan menyusun benda dari ukuran terbesar hingga terkecil atau sebaliknya. Bentuknya bisa macam-macam. Mulai dari menyusun gelas, lingkaran, hingga kubus. Rekomendasi mainan edukasi anak 2 tahun dalam kategori ini adalah Playskool Stacking Cubes yang memiliki bentuk kubus simpel dan bisa ditumpuk sesuai tingkat motorik halus anak.

Puzzle

Puzzle adalah mainan semua umur, sehingga termasuk jenis mainan edukasi anak 2 tahun. Sesuaikan jumlah kepingan puzzle sesuai dengan kemampuan anak. Selain melatih motorik halus, puzzle juga melatih kemampuan spasial anak. Rekomendasi mainan edukasi anak 2 tahun dalam kategori ini adalah Mideer Puzzle Level 1

2. Mainan untuk melatih daya imajinasi anak

Anak usia 2-3 tahun cenderung senang memperhatikan dan meniru tingkah laku orang dewasa. Misal anak sering melihat Ibu menyapu, maka ia juga tertarik untuk melakukannya.

Selain melatih kemampuan motoriknya, bermain “pura-pura” juga dapat melatih daya imajinasi anak.

Jenis mainan edukasi anak 2 tahun yang dapat melatih imajinasi meliputi:

Mainan masak-masakan

jangan-salah-pilih-ini-mainan-edukasi-anak-2-tahun-3

Mainan satu set dapur sudah banyak ditemukan di berbagai toko mainan mulai dari berbagai ukuran dan harga. Ternyata, mainan masak-masakan tidak hanya menarik bagi anak 2 tahun, tapi juga usia balita lainnya. Mainan ini akan melatih daya imajinasi anak dan melatih insting untuk memiliki keterampilan hidup berupa memasak. Rekomendasi mainan anak 2 tahun di kategori ini adalah IKEA Duktig.

Sapu dan pel kecil

Si kecil yang sering melihat Ibu menyapu dan mengepel tentunya akan penasaran bagaimana rasanya melakukannya. Ibu dapat membelikan sapu dan pel berukuran kecil sehingga mereka dapat merasakannya dan secara tidak sadar mereka belajar bagaimana menyapu dan mengepel yang benar.

3. Mainan yang meningkatkan kreativitas anak

Ibu dapat memilih mainan edukasi anak 2 tahun yang sederhana sehingga mereka dapat menggali ide-ide yang ada dalam diri mereka. Permainan bongkar pasang dan plastisin menjadi rekomendasi mainan edukasi anak 2 tahun.

Mereka bebas membentuk dan menggambar apa saja dari mainan jenis plastisin, plastik kinetik dan papan tulis anak.

4. Mainan yang dapat melatih kosakata anak

Anak-anak usia 2 tahun umumnya mulai dapat berbicara sehingga mampu berkomunikasi terhadap orang lain. Kata-katanya juga sudah mulai dimengerti oleh orangtua. Inilah saatnya membantu stimulasi anak menambah kosakata anak dengan cara memberikan jenis mainan edukasi anak 2 tahun yang tepat.

Usia 2 tahun adalah usia emas dimana kosakata anak melejit. Rekomendasi mainan edukasi anak 2 tahun yang dapat Ibu pilih berupa:

Buku

jangan-salah-pilih-ini-mainan-edukasi-anak-2-tahun-4

Buku adalah rekomendasi mainan edukasi anak 2 tahun. Tidak hanya bagi anak 2 tahun, buku adalah barang yang tepat bagi semua umur. Ibu dapat memilih buku sesuai perkembangan literasi anak. Untuk anak 2 tahun, Ibu bisa membacakan buku yang memiliki gambar lucu serta alur cerita yang menarik.

Permainan menyusun huruf


Ibu bisa membelikan mainan edukasi anak 2 tahun berupa alfabet yang dapat dirangkai menjadi huruf. Ibu dapat mulai mengenalkan alfabet pada anak sembari merangkai huruf membentuk kata dan mengasosiasikannya dengan gambar ataupun benda sesungguhnya.

5. Mainan yang melatih motorik kasar

jangan-salah-pilih-ini-mainan-edukasi-anak-2-tahun-5

Permainan olahraga dapat melatih koordinasi otak, kaki, dan tangan anak. Tidak hanya itu, olahraga ringan dapat melatih keseimbangan tubuh sekaligus memperkenalkan anak kepada kebiasaan hidup sehat.

Olahraga ringan juga dapat melatih aspek sosial anak karena ada sistem giliran bermain dan konsep menang-kalah.

Bola adalah salah satu rekomendasi mainan edukasi anak 2 tahun.

Itulah jenis mainan edukasi anak 2 tahun yang dapat menjadi ide Ibu saat ingin memberi anak mainan.

Editor: Dwi Ratih