Keluarga

Inspiratif! Kisah Perjuangan Ibu Tunggal Dalam Serial Maid Netflix

Inspiratif! Kisah Perjuangan Ibu Tunggal Dalam Serial Maid Netflix

Kalau membahas soal perjuangan seorang Ibu mungkin tidak akan ada habisnya ya Bu. Apalagi perjuangan seorang Ibu tunggal yang sudah bercerai dengan mantan suaminya.

Ditambah sang Ibu tidak bekerja, korban KDRT verbal dan punya inner child yang terluka. Seperti kisah dalam serial Maid Netflix yang belakangan menghebohkan para Ibu-Ibu di dunia.

Maid mengisahkan cerita hidup si penulis buku Stephanie Land yang telah menjadi single mom di akhir usia 20-an dan harus berjuang memberikan kehidupan yang layak untuk buah hatinya sebagai petugas kebersihan dari rumah ke rumah (value maids).

Alex mesti berhadapan, sekaligus membereskan sejumlah masalah hidupnya baik dari sisi perannya sebagai istri, ibu, anak hingga dirinya sendiri. 

Meskipun sedikit membuat penonton tegang sekaligus gemas atas sikap Alex, namun ada banyak pelajaran yang bisa dipetik dari serial ini lho Bu. Yuk simak apa saja pelajaran berharga dari serial Maid Netflix yang dapat kita petik berikut ini.

KDRT nggak melulu soal fisik

Photo source: Realese Date News

Dalam film ini, Alex mendapatkan kekerasan verbal dari sang suami, Sean, yang tanpa sadar dilakukan saat mabuk. Sean bahkan melempar gelas persis ke arah wajah Alex hingga ia ketakutan setengah mati.

Meskipun tidak melukai Alex secara fisik, namun Alex menjadi trauma dan teringat kembali akan masa kecilnya yang juga cukup kelam. Pelajaran berharga yang bisa dipetik adalah kita harus peka terhadap hubungan yang toxic.

Nggak hanya itu, penting untuk mengetahui jenis-jenis KDRT yang kerap dialami dalam sebuah rumah tangga. Agar bisa segera mengidentifikasi jika berada di situasi tersebut. Jadi perempuan nggak hanya bisa diam dan tak membela atau menyelamatkan diri serta anak.

Melansir Komnas Perempuan menurut undang-undang No 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT), jenis kekerasan yang termasuk KDRT adalah sebagai berikut:

  • Siapa saja bisa jadi korban baik istri, suami, anak atau keluarga lainnya:
  • Kekerasan fisik; mengakibatkan rasa sakit dan luka fisik:
  • Kekerasan psikis (verbal); mengakibatkan rasa sakit akibat direndahkan, diancam, dimaki berujung ketakutan, trauma hingga gangguan kejiwaan: dan
  • Kekerasan seksual; pemerkosaan dan pemaksaan hubungan seksual dengan di lingkungan rumah tangga.

Sayangnya, nggak semua perempuan sadar akan hal ini ya Bu. Mereka masih banyak yang takut untuk speak up sehingga membuat mereka sulit keluar dari siklus KDRT. Apalagi bila tidak mandiri secara finansial dan tidak mendapatkan support (dari keluarga, lembaga, maupun pemerintah).

Perjuangan Ibu tunggal

Photo source: CNN

Alex rela menjadi value maid dan bekerja keras tanpa henti untuk mendapatkan uang agar bisa memiliki tempat tinggal. Sehingga Maddy juga bisa masuk ke sekolah TK terbaik di Fisher Island.

Bahkan pada saat hari Thanksgiving yang seharusnya libur, Alex rela tetap bekerja untuk menambah pendapatannya. Meskipun  terpaksa harus menitipkan Maddy ke Ibu dan mantan suaminya.

Perjuangan Alex sebagai Ibu tunggal patut diacungi jempol. Ia bahkan rela menahan lapar agar pendapatannya tidak berkurang agar bisa memiliki cukup uang untuk sewa tempat tinggal bersama Maddy.

Seorang Ibu berhak menggapai mimpi

Photo source: NY Times

Diam-diam di sela waktu bekerja sebagai maid, Alex punya buku catatan khusus mengenai kisah para pelanggannya. Dalam tulisan tersebut Alex memberikan julukan masing-masing pada tiap rumah, disesuaikan dengan karakter si tuan rumah atau pola kehidupan pribadi mereka.

Yup, Alex memang punya mimpi sebagai penulis sejak dahulu yang belum terealisasikan. Bahkan ia pernah mengajukan beasiswa namun gagal berangkat dan akhirnya punya anak.

Dengan berbagai halang rintang, ia kembali memperjuangan beasiswa tersebut hingga  akhirnya diterima kembali di Universitas Montana, dan memenuhi mimpinya ia pindah bersama Maddy ke Missoula untuk kehidupan yang lebih baik. 

Perjuangan Alex yang gigih, bikin perempuan makin percaya bahwa mereka berhak mewujudkan mimpinya meski sudah berkeluarga.

Caranya dengan memberdayakan diri sendiri, membekali dengan berbagai ilmu yang sesuai dengan minat masing-masing. Jadi jika sesuatu dengan pernikahan, sebagai Ibu kita masih bisa memberikan kehidupan yang layak untuk masa depan anak-anak kelak.

Berdamai dengan inner child yang terluka


Photo source: Kumparan

Bersembunyi di dalam lemari dapur demi melindungi diri dari pertengkaran orang tua merupakan suatu hal yang menyakitkan. Apalagi jika hal tersebut dirasakan saat masih kecil. Pasti bisa menimbulkan trauma yang mendalam ya Bu.

Hal inilah yang dirasakan dan dialami oleh Alex. Setelah sekian lama, Alex akhirnya sadar bahwa sebagian dirinya terjebak dalam masa lalu yang kelam, berkaitan dengan perilaku KDRT sang Ayah saat ia masih kecil.

Di alam bawah sadarnya, Alex dewasa menjadi pribadi yang sulit untuk menyuarakan isi hati, mulut seperti dibungkam sesuatu, lidah pun kelu. Rupanya Alex mempunyai inner child yang terluka dan belum dituntaskan.

Agar si kecil punya kehidupan yang lebih baik dari kita, jika kamu punya inner child yang terluka ada baiknya segera berdamai terlebih dahulu ya Bu. Ketika sudah berdamai dengan inner child, otomatis kamu akan mudah menerima masalah yang sedang kamu hadapi dengan kepala dingin.

Perempuan harus punya harga diri


Photo source: ELLE

Suatu ketika Alex luluh dengan janji manis Sean yang kala itu mau berubah menjadi sosok Ayah yang lebih baik. Salah satunya adalah dengan tidak lagi mabuk dan mengontrol emosi ketika marah.

Alex pun luluh dan beberapa kali memang Sean menepati janjinya, tapi suatu hari Alex curiga dan menemukan Sean mabuk saat malam hari ketika Alex dan Maddy tidur pulas. Nggak hanya itu, yang membuat sakit hati adalah Sean diam-diam bahkan memiliki wanita lain.

Pelajaran berharga yang bisa kita petik dari film Maid Netflix ini adalah jangan mudah terbuai dengan janji manis pelaku KDRT. Meskipun kamu sudah memberikan banyak kesempatan.

Nggak ada salahnya kok memberikan kesempatan buat dia. Tapi jangan lupa selalu waspada dan usahakan kamu juga punya strategi jika dia tidak menepati janjinya lagi ya Bu.

Pentingnya kesepakatan sebelum menikah


Photo source: Collider

Jaman sekarang, menikah juga butuh strategi lho Bu. Apalagi sebagai perempuan masa kini, segala pekerjaan rumah tangga termasuk mengurus anak bukan hanya tanggung jawab seorang istri.

Jadi diperlukan kesepakatan sebelum menikah dengan suami, termasuk soal finansial, pekerjaan rumah, tugas mengurus anak dan lain sebagainya. Jangan seperti Alex yang cinta sama Sean tanpa berpikir panjang atas apa yang selanjutnya akan terjadi pada hidup mereka, tanpa adanya kesepakatan bersama.

Hindari bertengkar di depan anak


Photo source: The Hollywood Reporter

Alex memiliki inner child yang terluka akibat terlalu sering melihat orang tuanya bertengkar sehingga Ibunya mendapatkan KDRT. Untuk itu, sebisa mungkin redam emosimu di depan anak ya Bu. Usahakan jangan bertengkar di depan mereka, agar si kecil tidak memiliki inner child yang terluka dan menjadi trauma.

Nah, kalau Ibu belum nonton yuk segera saksikan serial Maid Netflix yang sudah tayang sejak 1 Oktober lalu ya Bu. Dijamin, Maid adalah salah satu serial Netflix yang layak di tonton deh. Jangan lupa siapkan tissue ya!

Editor: Dwi Ratih