Konsepsi

Rekomendasi 14 Vitamin untuk Meningkatkan Kesuburan

Rekomendasi 14 Vitamin untuk Meningkatkan Kesuburan

Vitamin untuk meningkatkan kesuburan dapat menunjang keberhasilan promil pasangan suami istri. Selain dapat dengan mudah dibeli di apotek terdekat, vitamin untuk meningkatkan kesuburan juga pasti akan diresepkan oleh dokter yang menangani program hamil Ibu. 

Melansir dari laman Healthline, vitamin punya peran penting dalam kesehatan reproduksi wanita, fungsinya tak hanya untuk membantu promil saja namun juga ada yang berfungsi untuk melancarkan siklus menstruasi, ovulasi, memperbaiki fungsi tiroid, sebagai sumber energi, membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh, hingga membantu menghasilkan sel telur yang matang dan berkualitas. 

Karena banyak fungsi inilah, maka vitamin untuk meningkatkan kesuburan sangat penting dikonsumsi supaya kehamilan Ibu nantinya cukup sehat. Sementara itu, vitamin untuk meningkatkan kesuburan tersedia juga untuk Ayah dengan fungsi dapat meningkatkan jumlah sperma, motilitas sperma, hingga membantu menghasilkan sperma yang berkualitas.


Jenis Vitamin untuk Meningkatkan Kesuburan

Vitamin untuk meningkatkan kesuburan memang perlu dikonsumsi sebagai penunjang promil Ayah dan Ibu sehingga kehamilannya kelak juga sehat, namun mengatur pola makan yang sehat dan gaya hidup aktif juga diperlukan untuk membantu promil terwujud dengan sukses. 

Melansir dari laman Very Well Family, beberapa vitamin ini akan dibutuhkan oleh Ayah dan Ibu untuk meningkatkan kesuburan dalam program hamilnya:

1. Asetil L-Carnitine

Vitamin untuk meningkatkan kesuburan berjenis Asetil L-Carnitine merupakan asam amino alami yang terjadi di dalam tubuh. ALC memiliki efek antioksidan yang dapat meningkatkan kesuburan dan mampu mengurangi gejala PCOS dan endometriosis. Bagi laki-laki, ALC memiliki peran untuk menyehatkan sperma, ini telah dibuktikan pada penggunaan suplemen LC dan ALC oral yang dapat membuat motilitas sperma meningkat.

2. Vitamin B

Hampir semua vitamin B seperti B3 (niasin), B6 (piridoksin), B9 (asam folat), hingga B12 punya peranan penting untuk pada pembentukan dan peningkatan fungsi sel darah merah serta menjadi salah satu vitamin untuk meningkatkan kesuburan. Tak hanya itu saja, vitamin B9 atau folat juga sudah terbukti mampu membantu perkembangan janin lebih baik lagi. Folat bisa ditemukan di jenis makanan alami juga seperti buncis, lentil, sayuran hijau, alpukat, dan masih banyak lagi. Jika perlu, suplemen makanan folat juga akan diberikan oleh dokter.

3. Vitamin C

Vitamin untuk meningkatkan kesuburan juga termasuk vitamin C yang bisa ditemukan melalui buah-buahan, sayuran, hingga suplemen makanan. Vitamin C akan membantu menjaga jaringan ikat yang sehat, berperan penting pada proses penyembuhan luka, hingga meningkatkan fungsi kekebalan tubuh seseorang. Kandungan antioksidan yang cukup tinggi pada vitamin C berperang penting pada tingkat kesuburan Ayah dan Ibu. Selain sebagai penangkal radikal bebas, vitamin C dalam cairan folikel juga dapat meningkatkan kualitas sel telur.

4. Kalsium dan Vitamin D

Kalsium merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan gigi serta tulang. Kalsium juga memegang peranan penting sebagai penunjang kesehatan jantung, fungsi otot, transmisi syaraf, dan keseimbangan hormon pada tubuh manusia. 

Sebuah penelitian mengungkapkan, wanita yang sering mengonsumsi produk susu yang tinggi kalsium dan vitamin D cenderung memiliki risiko lebih rendah mengalami endometriosis serta masalah ovulasi lainnya. Sedangkan bagi lai-laki, kekurangan kalsium dan vitamin D dapat mempengaruhi kesuburan terutama yang berkaitan dengan motilitas sperma.

5. Coenzyme Q10 (CoQ10)

Coenzyme Q10 merupakan kandungan antioksidan yang dibutuhkan tubuh supaya tubuh lebih punya energi dan membantu sel-sel pada tubuh untuk lebih berfungsi dengan baik. CoQ10 dapat membantu meningkatkan fungsi sperma pada laki-laki karena mereka yang punya kandungan CoQ10 tinggi pada air maninya cenderung memiliki motilitas sperma yang juga lebih baik. 

Bagi wanita yang menjalani proses IVF atau fertilisasi in vitro, kadar CoQ10 lebih tinggi dan ditemukan secara alami dalam folikel, hal ini membuat sel telur wanita tersebut memiliki kualitas yang tinggi sehingga membuka peluang kehamilan yang juga tinggi. Jumlah sel telur yang dihasilan juga ternyata lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi suplemen makanan mengandung CoQ10 ini.

6. Vitamin E dan Selenium

Layaknya vitamin C, vitamin E ini juga kaya akan antioksidan. Salah satu hal yang mengakibatkan seseorang tidak subur adalah tingkat stress oksidatif yang cukup tinggi, namun bila seseorang mendapatkan asupan vitamin E yang kaya akan antioksidan maka peluang kehamilan juga cukup baik. 

Vitamin E dan antioksidan ini dapat ditemukan melalui suplemen makanan atau sejumlah bahan makanan alami yang ada di pasaran. Vitamin E akan bekerja secara optimal sebagai vitamin untuk meningkatkan kesuburan bila dikonsumsi dengan mineral selenium. 

Selenium juga punya peranan penting dalam tubuh yaitu sebagai fungsi tiroid yang tepat, sintesis DNA, melindungi dari stress oksidatif, serta bermanfaat untuk memelihara sistem reproduksi. Kurangnya asupan selenium dalam tubuh dapat meningkatkan risiko cacat fase luteal, yaitu masalah pada fase paska ovulasi dari siklus menstruasi. 

Bagi laki-laki, selenium berfungsi untuk meningkatkan jumlah sperma secara signifikan serta membantu motilitas sperma dengan baik.

7. Zat Besi

Salah satu vitamin untuk meningkatkan kesuburan adalah zat besi. Mineral yang satu ini dibutuhkan tubuh untuk membentuk sel darah merah dan meningkatkan fungsi sel darah yang sehat. Kekurangan asupan zat besi pada tubuh dapat meningkatkan kesuburan bagi pria dan wanita.

 Zat besi bisa diperoleh dari bahan makanan seperti protein hewani, kacang-kacangan, lentil, bayam, dan sereal. Selain itu, zat besi juga tersedia melalui suplemen makanan atau vitamin yang ada di apotek. Ibu bisa meminta dokter untuk meresepkan vitamin ini bila memang diperlukan.

8. Asam Lemak Omega 3

Asam lemak omega 3 seperti asam docosahexaenoic (DHA) merupakan antioksidan yang sangat penting untuk kesehatan jantung dan otak. Sebuah penelitian dilakukan dan hasilnya menunjukkan bahwa suplemen DHA dapat menurunkan kerusakan DNA sperma. Mineral yang satu ini dapat menjadi salah satu vitamin untuk meningkatkan kesuburan jika diikuti dengan mengonsumsi makanan sehat dan jenis vitamin lainnya.

9. Zinc

Zinc juga memegang peranan penting sebagai vitamin untuk meningkatkan kesuburan karena bila kekurangan minela ini, kualitas sel telur yang dihasilkan juga berkurang. Bagi laki-laki, kekurangan zinc dikaitkan dengan jumlah sperma yang rendah dan hipogonadisme. 

Tak hanya itu saja, rendahnya kandungan Zinc dalam tubuh laki-laki juga mengakibatkan kualitas air mani cukup buruk. Zinc dapat ditemukan pada berbagai jenis produk hewani dan makanan nabati seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan sejenisnya.


Referensi Merk Vitamin Peningkat Kesuburan

Di pasaran ada banyak referensi vitamin untuk meningkatkan kesuburan. Vitamin ini bisa dibeli secara bebas di apotek, toko obat, maupun melalui resep dokter. Pastikan juga vitamin yang Ibu konsumsi aman, tidak kadaluwarsa, dan diminum dengan dosis yang sesuai. 

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini merupakan ragam merk vitamin untuk meningkatkan kesuburan:

1. Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold


Biasanya Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold dapat dikonsumsi selama masa kehamilan hingga menyusui. Namun karena vitamin ini mengandung sejumlah mineral yang baik bagi tubuh seperti vitamin C, omega 3, vitamin D, hingga kalsium, maka cocok juga sebagai vitamin untuk meningkatkan kesuburan. Harga yang ditawarkan di pasaran untuk satu buah Blackmores ini adalah kisaran Rp200,000 ke atas ya.

2. Blackmores Conceive Well Men


Vitamin untuk meningkatkan kesuburan hadir juga untuk kaum laki-laki nih. Blackmores Conceive Well Men akan membantu program hamil Ayah dan Ibu kali ini karena vitamin ini mampu mendukung kesehatan sperma. Vitamin ini juga punya kandungan CoQ10 yang cukup tinggi sehingga akan menghasilkan sperma yang berenergi dan memiliki motilitas yang baik. Tak hanya itu saja, kandungan zinc dan seleniumnya juga tinggi lho. Harga yang ditawarkan adalah kisaran Rp300,000-an ke atas.

3. Folavit


Folavit dapat menjadi salah satu vitamin untuk meningkatkan kesuburan dengan harga yang lebih terjangkau. Satu strip folavit dibanderol kisaran harga Rp 10,000an saja. Dengan harga yang cukup terjangkau ini dapat membantu Ayah maupun Ibu dalam program kehamilan yang sedang dijalani. Folavit mengandung asam folat yang cukup tinggi sehingga bagus dikonsumsi selama masa promil hingga kehamilan ya.

4. Folamil Genio


Vitamin untuk meningkatkan kesuburan dapat ditemui melalui folamil genio karena mengandung nutrisi yang lengkap yaitu asam folat, ARA, DHA, vitamin B kompleks, vitamin E, D3, hingga K1. Folamil Genio biasanya dikonsumsi oleh Ibu, untuk lebih detail pemakaiannya terutama untuk program hamil, Ibu bisa langsung berkonsultasi oleh dokter ya. Harga satu botol kecil folamil genio berisi 30 kapsul adalah kisaran Rp130,000 ke atas.

5. Real Food Super Mom


Real Food Super Mom hadir sebagai vitamin untuk meningkatkan kesuburan Ibu dan sangat mendukung program hamil karena produk ini punya program super mom yang berlangsung selama 12 hari setiap bulannya. Selama 12 hari berturut-turut Ibu akan diminta untuk mengonsumsi satu botol Real Food Super Mom dalam sehari dalam keadaan perut kosong pada masa promil ini.

Real Food Super Mom mengandung asam amino, asam sialat, Epidermal Growth Factor, dan juga antioksidan. Produk ini aman dan tanpa bahan pengawet ya. Harga yang ditawarkan satu paket berisi 12 botol adalah Rp500,000an.

6. Ever E250


Ever E250 dapat dikonsumsi baik laki-laki atau perempuan sebagai vitamin untuk meningkatkan kesuburan. Suplemen makanan ini bisa dikonsumsi setiap hari dan mengandung vitamin E yang tinggi. Selain bagus dikonsumsi selama masa promil, vitamin E di sini juga dapat membantu mencegah keguguran dan menurunkan risiko darah tinggi selama kehamilan. Harga yang ditawarkan adalah kisaran Rp60,000an per botolnya.

7. Vitafusion Prenatal


Vitafusion Prenatal mengandung asam folat tinggi, omega 3, dan vitamin C yang setara dengan 10 buah jeruk mandarin. Vitamin ini merupakan salah satu vitamin untuk meningkatkan kesuburan sekaligus bagus dikonsumsi selama kehamilan karena mampu mencegah adanya penutupan tuba neural yang dapat menyebabkan penyakit pada calon bayi. Harga yang ditawarkan adalah Rp400,000an ke atas.

8. Puritan's Pride Prenatal Vitamins


Produk impor yang satu ini juga berfungsi sebagai vitamin untuk meningkatkan kesuburan dengan kandungan vitamin C tinggi, asam folat, serta kalsium dan terbuat dari tanaman alga. Vitamin ini juga bagus untuk kekebalan tubuh dan melawan radikal bebas. Harga satu botolnya adalah kisaran Rp100,000 - Rp200,000an.

9. Garden of Life My Kind Prenatal Multivitamin


Garden of Life My Kind Prenatal Multivitamin merupakan vitamin untuk meningkatkan kesuburan yang unik dan enak karena berbentuk gummy kenyal dengan kandungan vitamin D dan asam folat yang tinggi. Kandungan vitamin ini juga terdapat 9 macam buah-buahan organik yang juga sehat. Harga yang ditawarkan untuk satu botol vitamin ini adalah Rp400,000-an

10. Afolat


Seperti namanya, Afolat mengandung asam folat yang tinggi dengan takaran 400 mcg. Vitamin ini bisa diminum dari mulai menjalani program kehamilan hingga masa kehamilan. Afolat  juga dapat membantu mencegah risiko cacat tabung syaraf atau cacat bawaan lainnya, selain itu bisa juga untuk mencegah preeclampsia pada Ibu hamil. Harga yang ditawarkan adalah Rp15,000 ke atas.

11. Profertil Clomiphene Citrate USP 


Profertil Clomiphene Citrate USP merupakan vitamin untuk meningkatkan kesuburan yang khusus. Vitamin ini memiliki fungsi merangsang hypothalamus untuk menghasilkan hormon yang mampu merangsang terjadinya pelepasan sel telur pada ovarium. 

Mengonsumsi vitamin ini secara rutin dapat membantu jumlah sel telur bertambah. Satu box Profertil Clomiphene Citrate USP ini harganya Rp100,000-an ke atas.

12. Sea Quill Vitamin E-400


Sea Quill Vitamin E-400 berisi vitamin E 400 mg dan cukup untuk memenuhi kebutuhan harian dan dapat digunakan sebagai vitamin untuk meningkatkan kesuburan. Satu botolnya berisi 30 kapsul lunak dan mudah dicerna. Vitamin ini dapat dikonsumsi oleh Ayah maupun Ibu secara rutin saat promil. Harga yang ditawarkan adalah Rp150,000-an ke atas.

13. Blesifen


Blesifen merupakan vitamin untuk meningkatkan kesuburan yang fokus bekerja pada masalah kesuburan. Vitamin ini bekerja dengan cara merangsang peningkatan jumlah hormon yang akan mendukung pertumbuhan dan pelapisan sel telur yang sudah matang. Konsultasikan kembali kepada dokter jika ingin mengonsumsi vitamin ini. Harga untuk Blesifen adalah kisaran Rp18,000-an untuk satu stripnya.

14. Ovacare


Ovacare sudah lama menjadi salah satu vitamin untuk meningkatkan kesuburan hingga digunakan pada masa kehamilan. Vitamin ini memiliki kandungan asam amino dan berbagai macam multivitamin lainnya. Ovacare juga dapat membantu menjaga kesehatan reproduksi wanita. Harga yang ditawarkan di pasaran adalah kisaran Rp50,000an ke atas setiap stripnya. 

 

Editor: Atalya