Rekomendasi

10 Referensi Toko Perlengkapan Bayi Murah di Jakarta

10 Referensi Toko Perlengkapan Bayi Murah di Jakarta

Toko perlengkapan bayi menjadi satu toko yang paling banyak diserbu oleh Ibu-Ibu dengan beragam alasan. Toko jenis ini biasanya tidak cuma menjual produk bayi saja, mereka juga menjual kebutuhan untuk Ibu hamil serta menyusui. Pada masa pandemi seperti sekarang ini, ada baiknya mengurangi bepergian ke tempat perbelanjaan umum untuk membeli kebutuhan si kecil atau kebutuhan Ibu sendiri. Solusinya, Ibu bisa memanfaatkan online shop, e-commerce toko perlengkapan bayi, ataupun mengunjungi toko baju bayi terdekat saja. Yang penting kebutuhan terpenuhi dan kesehatan tetap terjaga.

Peralatan Bayi Baru Lahir yang Wajib Punya

Adakah yang masih bingung membeli perlengkapan bayi apa saja untuk bayi pertama Ibu? Berikut ini Ibupedia punya beberapa daftar perlengkapan si kecil yang wajib dibeli dan hampir dapat ditemui di seluruh toko perlengkapan bayi, dirangkum melalui laman The Bump.

1. Baju Bayi



Ada sedikit tips untuk memilih baju untuk newborn nih. Memang benar ukuran newborn sangat pas dibadan si kecil yang baru saja dilahirkan, namun biasanya baju dengan ukuran newborn ngga akan bertahan lama. Jadi sebaiknya membeli baju dengan ukuran yang lebih besar dan disesuaikan dengan tinggi serta berat badan si kecil ya. Baju bayi sendiri ada berbagai jenis, seperti kaos singlet, model romper atau jumper, baju tidur, kaos kutung (lengan pendek), jaket, sarung tangan beserta kaos kakinya, topi bayi, selimut dan masih banyak lagi. Pilihlah bahan baju yang breathable sehingga nyaman untuk digunakan si kecil kapan saja.

2. Popok kain atau Diapers


Nah untuk yang satu ini pilihan diserahkan sepenuhnya kepada Ibu ya. Bila ingin ringkas namun perlu merogok kocek lebih karena yang dibutuhkan akan banyak, Ibu bisa membeli diapers. Namun bagi Ibu yang lebih ingin berhemat dan ikut serta menjaga lingkungan dengan mengurangi sampah diapers, Ibu bisa memilih popok kain atau jenis clodi yang bisa dicuci kemudian digunakan kembali setelah bersih. Untuk popok kain dan clodi juga perlu banyak, mengingat bayi yang baru lahir biasanya akan sering pup dan pipis.

3. Gendongan

Saat ini, gendongan ada banyak macamnya, seperti jenis kain jarik, ring sling, baby wrap, SSC, hingga hipseat. Namun untuk gendongan bayi jenis hipseat sebaiknya digunakan setelah si kecil bisa duduk ya Bu. Pemilihan gendongan pun tidak bisa sembarangan, usahakan yang mendukung M-shape, berbahan nyaman, serta tidak licin (atau punya keamanan yang bagus).

4. Perlak dan Alat Mandi


Siapkan juga perlak supaya mempermudah Ibu saat membersihkan bekas pup atau pipis si kecil. Alat mandi juga diperlukan seperti bak mandi, sabun mandi, shampoo, sisir bayi hingga minyak telon supaya si kecil tetap hangat setelah mandi. Jangan lupa juga handuk dan washlap khusus bayi dengan bahan yang nyaman untuk kulit sensitifnya. 

5. Tas Bayi


Tas bayi sangat membantu memudahkan Ayah atau Ibu untuk membawa perlengkapan si kecil bila hendak bepergian, misalnya kontrol atau imunisasi si kecil. Tas bayi sudah punya banyak desain cantik dan menarik, dari mulai sling bag hingga backpack. Pilihlah yang paling membuat nyaman Ayah atau Ibu ya.

6. Perlengkapan Makan Si Kecil


Perlengkapan makan di sini meliputi keperluan untuk meminumkan ASI atau susu formula untuk si kecil bila dirasa menyusui langsung belum bisa dilakukan sepenuhnya dengan berbagai alasan tertentu. Di sini Ibu bisa menyiapkan cup feeder, sendok bayi, atau botol susu. Jangan lupa untuk menyiapkan sterilizer dan sikat botol untuk menjaga kebersihan peralatan makan si kecil ya.

Perlengkapan Ibu Baru yang Wajib Punya

Selain memenuhi perlengkapan bayi, kebutuhan Ibu juga perlu diperhatikan. Berikut ini ada beberapa perlengkapan Ibu yang wajib dipunyai setelah melahirkan, melansir dari laman The Bump:

1. Breast Pump 

Ada baiknya Ibu mempersiapkan breast pump atau alat untuk memompa ASI yang tersedia dengan berbagai macam pilihan seperti breast pump manual atau elektrik. Tersedia juga dengan pilihan breast pump single atau double.

2. Krim Khusus Puting Payudara 

Payudara lecet atau mengalami mastitis adalah hal yang wajar bila Ibu memutuskan untuk memberi si kecil ASI ekslusif. Krim khusus puting payudara ini biasanya akan sedikit membantu membuat area payudara Ibu lebih lembut sehingga bisa mengurangi resiko puting lecet atau hal lainnya. Untuk penggunaannya, sebaiknya Ibu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ya.

3. Tempat Penyimpanan ASI

Tempat penyimpanan ASI ada dua bentuknya, yaitu dalam botol kaca atau berbentuk seperti plastik dengan bentuk yang lucu dan menarik. Pastikan botol dan Milk Storage Bag yang Ibu beli sudah food grade sehingga aman untuk menyimpan ASI.

4. Nursing Pads

Nursing pads ini adalah pembalut khusus untuk mengatasi ASI rembes Ibu dan digunakan dengan menyisipkan atau menempelkan pada bra Ibu. Nursing pads sangat berguna bila Ibu harus bepergian dan belum bisa melakukan pumping sehingga ASI terasa penuh dan merembes pada baju. 

5. Bantal Menyusui dan Apron Menyusui

Untuk kemudahan menyusui si kecil, bantal menyusui sangatlah diperlukan. Selain mengurangi rasa pegal, bantal menyusui juga dapat membuat si kecil lebih nyaman saat diberikan ASI. Sementara itu, apron menyusui disediakan bila sewaktu-waktu Ibu harus menyusui di tempat umum yang belum tersedia fasilitas ruang menyusui.

6. Baju Menyusui yang Nyaman

Sebagai Ibu menyusui, menggunakan baju menyusui yang nyaman sangatlah diharapkan karena ini akan sangat membantu proses menyusui. Pilihlah baju menyusui dengan bukaan yang mudah dan bahan yang tidak panas sehingga menyusui tetap dapat berjalan lancar dan menyenangkan ya Bu.

Referensi Toko Perlengkapan Bayi

Sebenarnya perlengkapan bayi tidak hanya yang disebutkan di atas saja ya Bu, ada banyak macamnya dan Ibu bisa membelinya sesuai kebutuhan. Berikut ini ada beberapa referensi toko perlengkapan bayi di Jakarta, cek yuk untuk mengetahui toko baju bayi terdekat dari wilayah Ibu, dikutip melalui berbagai sumber:

1. Baby G Store

Toko perlengkapan bayi murah di Jakarta salah satunya bisa ditemui di daerah Pasar Minggu, yaitu Baby G Store. Toko perlengkapan bayi yang sudah mulai berdiri selama satu tahun ini punya berbagai macam pilihan perlengkapan bayi dengan harga terjangkau. Selain perlengkapan bayi, di sini juga menyediakan mainan anak-anak.

Alamat: Jl. Assakinah Raya No. 3 RT. 11 RW. 2 Kebagusan Pasar Minggu Jakarta Selatan.

No. Telp: 082234567160

Waktu Operasional: Senin – Minggu (09.00 – 21.00)

2. Fany Baby

Toko perlengkapan bayi di Jakarta yang cukup recomended selanjutnya adalah Fany Baby. Toko perlengkapan bayi ini dikenal punya harga yang murah dan cukup bersaing. Ibu bisa dengan leluasa berbelanja kebutuhan si kecil di sini dengan pelayanan yang cukup baik. Fany Baby juga hadir di beberapa lokasi strategis. Selain berbelanja secara offline, toko perlengkapan bayi ini bisa juga dikunjungi melalui website e-commerce dan melalui instagram. 

Alamat: ITC Kuningan Lt 4 Blok A Jakarta Selatan ; Mall Kuningan City Lt 2 Jakarta Selatan ; Bintaro Utama 3 Blok AM No 36 Tangerang Selatan

No. Telp: (021) 88998899

Waktu Operasional: Senin – Minggu (10.30 – 20.00)

3. Permai Baby Shop 

Permai Baby Shop sudah terkenal sebagai toko perlengkapan bayi murah di Jakarta Timur dengan harga grosir dan punya banyak pilihan. Di sini selain nyaman berbelanja, Ibu juga bisa belanja online melalui whatsapp dengan mengunjungi laman website Permai Baby Shop terlebih dahulu. Permain Baby Shop juga termasuk ketat dalam menjalankan protokol kesehatan selama masa pandemi belum berakhir yaitu dengan wajib menggunakan masker, pengecekan suhu, dan staff yang sudah pasti punya kesehatan prima saat bekerja. 

Alamat: Jl. Matraman Raya No.250, RT.6/RW.6, Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13110.

No. Telp: 081295949428

Waktu Operasional: Senin – Sabtu (06.45 – 17.30) ; Minggu (07.00 – 17.30)

4. Suzanna Baby Shop

Suzanna Baby Shop berlokasi di Jakarta Selatan dan merupakan salah satu toko perlengkapan bayi murah di area Jakarta. Selain harganya yang terjangkau, pelayanan melalui toko ini juga sangat ramah. Koleksi-koleksi perlengkapan Ibu dan bayi yang ditawarkan pun terus up to date mengikuti trend perkembangan yang sedang berlangsung. Kebersihan dan keamanan di toko ini juga cukup baik, terbukti banyaknya testimoni para pelanggan yang puas berbelanja di sini.

Alamat: Jl. Metro Pondok Indah No.33, RT.4/RW.14, Pd. Pinang, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12430

No. Telp: (021) 75900826

Waktu Operasional: Senin – Minggu (10.00 – 19.00)

5. Adora Baby Shop 

Toko perlengkapan bayi yang satu ini sudah cukup terkenal dan memiliki kualitas yang bagus. Perlengkapan bayi di sini sangat lengkap, dari mulai perlengkapan bayi baru lahir, anak balita, hingga berbagai macam pilihan mainan edukatif. Kebutuhan Ibu juga dapat ditemui di sini. Dengan harga yang terbilang terjangkau, Adora Baby Shop cukup digemari oleh para Ayah dan Ibu.

Alamat: Jl. Intan Ujung No.30, RT.14/RW.2, Cilandak Bar., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12430

No. Telp: 083808530853

Waktu Operasional: Senin – Jum’at (09.00 – 16.30) ; Sabtu (09.00 – 12.00)

6. Bunda Baby

Untuk Ibu yang berada di area Kemayoran, ada rekomendasi toko perlengkapan bayi murah bernama Bunda Baby. Di sini menjual beraneka ragam keperluan bayi dari mulai baju bayi hingga tas bayi dengan beraneka ragam model. Ngga Cuma perlengkapan untuk si kecil, namun kebutuhan Ibu juga tersedia seperti baju tidur Ibu, stagen setelah melahirkan, kebutuhan Ibu hamil dan menyusui, dan masih banyak lagi. Harganya cukup terjangkau dan variatif. Bisa juga belanja online melaui laman website Bunda Baby ya Bu.

Alamat: Jl. Mirah Delima I No.16, RT.3/RW.4, Sumur Batu, Kec. Kemayoran, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10640

No. Telp: 081286508440

Waktu Operasional: Senin – Minggu (08.00 – 20.00)

7. Baby World GCC

Bagi Ibu yang berada di area Jakarta Barat, Ibu bisa berkunjung ke toko perlengkapan bayi Baby World GCC. Toko ini diklaim memiliki perlengkapan bayi yang lengkap dari baju bayi, keperluan perawatan si kecil dari mulai rambut hingga tubuhnya, botol susu bayi, dan masih banyak lagi. Ibu bisa dengan leluasa berbelanja di sini karena toko di desain seperti supermarket dengan kenyamanan yang dijamin. 

Alamat: Jl. Gajah Mada No.188, RT.3/RW.5, Glodok, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11120

No. Telp: (021) 29368888

Waktu Operasional: Senin – Minggu (09.00 – 20.00)

8. Larissa Baby Shop

Toko perlengkapan bayi di area Jagakarsa ini sudah banyak diminati dan menjadi tujuan utama para orang tua. Di sini menjual berbagai macam perlengkapan bayi termasuk stroller, baby walker, bouncer, gendongan bayi, peralatan makan untuk bayi, baju anak-anak, dan masih banyak lagi. Selain dapat mengunjungi toko, Ibu juga bisa berbelanja online melalui laman Larissa Baby Shop atau di toko e-commerce-nya.

Alamat: Jl. Raya Jagakarsa No.6a, RT.4/RW.1, Jagakarsa, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12620

No. Telp: 081212879028

Waktu Operasional: Senin – Minggu (08.00 – 16.30)

9. Jason Baby Shop

Toko perlengkapan bayi yang berlokasi di ITC Fatmawati ini punya testimoni pelanggan yang cukup memuaskan. Berbagai macam baju bayi, baju anak-anak, hingga romper dan jumper juga ada di sini. Kualitasnya bagus dengan harga yang murah dan bersaing. Karena berlokasi di dalam sebuah pusat perbelanjaan, maka jam operasional toko mengikuti jam operasional pusat perbelanjaan tersebut.

Alamat: ITC Fatmawati Lantai 1 no.69, RT.1/RW.5, North Cipete, Kebayoran Baru, South Jakarta City, Jakarta 12150

No. Telp: 085211027828

Waktu Operasional: Senin – Minggu (10.00 – 20.00)

10. Baby Purnama

Sedang mencari berbagai kebutuhan si kecil seperti stroller? Baby Purnama di klaim memiliki pilihan stroller yang lumayan banyak dan bervariasi. Alat bantu jalan bayi dan mainan anak-anak lainnya juga tersedia di sini. Kebutuhan Ibu hamil dan menyusui juga tersedia dengan lengkap di toko perlengkapan bayi murah di Jakarta ini. Pelayanan yang ramah juga akan Ibu dapatkan melalui toko perlengkapan bayi ini.

Alamat: Jl. Matraman Raya No.242, RT.5/RW.6, Bali Mester, Jakarta, DKI JAKARTA, Jakarta 13130

No. Telp: (021) 85912112

Waktu Operasional: Senin – Minggu (09.00 – 19.00)

Penulis: Novia Luciana
Editor: Dwi Ratih