Rekomendasi

Rekomendasi 12 Mainan Edukasi Anak Usia 3 Tahun yang Menarik

Rekomendasi 12 Mainan Edukasi Anak Usia 3 Tahun yang Menarik

Mainan edukasi anak usia 3 tahun memiliki beragam jenis dengan fungsi yang berbeda-beda. Seringnya, mainan edukasi anak diberikan supaya si kecil tak hanya merasa senang saat bermain namun juga ia akan mempelajari banyak hal dari mainan tersebut. 

Mainan untuk anak yang disertai dengan edukasi ini tak hanya memiliki desain yang menarik namun juga terbuat dari bahan yang sangat ramah anak sehingga Ibu tak perlu khawatir saat memainkannya bersama si kecil. 

Mainan edukasi anak juga tersedia dengan berbagai varian umur yang disarankan supaya si kecil dapat memainkannya dengan senang dan tidak terbebani.

Manfaat Mainan Edukasi Anak untuk Perkembangannya


Mainan edukasi anak dapat mendatangkan banyak manfaat untuk si kecil selain sebagai sarana bermain dan juga belajar. Pada dasarnya, anak-anak memang memiliki jiwa ingin tahu dan ingin belajar hal-hal baru yang cukup tinggi. 

Hal ini dapat Ibu imbangi dengan memberinya mainan edukasi anak sesuai tingkat usianya. Melansir dari laman Playground Professionals, berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat dirasakan si kecil saat bermain mainan untuk anak:

1. Meningkatkan Kreativitas Si Kecil

Rasa penasaran yang tinggi biasanya membuat anak-anak selalu ingin melakukan eksplorasi dengan hal-hal di sekitarnya. Memberikan mainan edukasi anak dapat membantu buah hati Ibu untuk lebih banyak lagi melakukan eksplorasi, mengasah kreativitas, hingga mengembangkan imajinasinya. 

Berikan mainan edukasi sesuai rentang usianya untuk menarik minat si kecil memainkan permainan tersebut, misalnya untuk bayi dengan usia 1 – 2 tahun biasanya akan sangat tertarik dengan mainan edukasi kayu dengan pilihan warna dasar yang mencolok.

2. Membantu Si Kecil Lebih Berkonsentrasi

Umumnya, anak-anak memiliki tingkat konsentrasi yang masih minim karena biasanya mereka akan lebih mudah teralihkan dengan mainan apa saja yang lebih menarik untuknya. Konsentrasi yang sering kali teralihkan ini dapat diatasi dengan memberi si kecil mainan edukasi. 

Salah satu mainan edukasi anak usia 3 tahun yang dapat membantu membuatnya lebih berkonsentrasi adalah menyusun puzzle dengan gambar yang menarik.

3. Meningkatkan IQ Anak

Benarkan bermain dapat meningkatkan IQ anak-anak Ibu? Jawaban adalah benar bila permainan yang dipilih juga sesuai. Mainan edukasi anak menjadi salah satu permainan yang dapat membantu meningkatkan IQ si kecil secara bertahap karena melalui mainan ini banyak hal dapat terasah. 

Seperti meningkatkan literasi, koordinasi yang baik anggota tubuh, mengasah daya ingat, serta mengasah keterampilan motoriknya.

4. Membantu Si Kecil dalam Menyelesaikan Masalah

Dampingi si kecil saat sedang bermain mainan edukasi anak, berilah ia beberapa peraturan yang harus ia laksanakan seperti menyelesaikan puzzle dengan rapi, memilah warna yang senada, hingga melakukan permainan itu dengan batas waktu tertentu. 

Di sini ia akan belajar banyak tentang bagaimana cara menyelesaikan permainan yang ada di depannya sesuai peraturan yang Ibu berikan. Selain itu, ini juga bagus untuk melatih rasa tanggung jawabnya.

5. Melatih Semua Panca Indera Si Kecil

Saat bermain yang paling baik adalah membuat seluruh panca indera si kecil berkoordinasi dengan baik bersama. Oleh karena hal inilah bermain dengan mainan untuk anak lebih disarankan daripada bermain dengan gawai karena saat bermain gawai si kecil hanya akan terasah bagian visualnya saja. 

Mainan edukasi anak yang ada di pasaran saat ini memiliki desain yang beragam dan disesuaikan dengan kebutuhan seperti penggunaan warna dasar yang menarik, bentuk bangun yang jelas, dan cara bermain yang juga tidak membosankan. 

Semua hal ini ternyata akan membuat seluruh panca inderanya bekerja seperti indera peraba, penglihatan, dan pendengarannya.

Rekomendasi Mainan Edukasi Anak Usia 3 Tahun

Meskipun segala jenis permainan dapat dimainkan si kecil saat masih bayi, namun mainan edukasi dapat difokuskan pada anak dengan rentang usia 3 tahun di mana pada usia ini biasanya anak-anak sudah lebih kritis cara berpikirnya. 

Berikut ini ada banyak rekomendasi mainan edukasi anak usia 3 tahun yang dapat dimainkan bersama orang tua dan anggota keluarga lainnya:

1. Counting and Sorting Montessori Toy


Mainan edukasi montessori yang melibatkan menyortir mainan sesuai warnanya dan menghitung berapa banyak jumlah mainan tersebut menjadi salah satu mainan edukasi anak usia 3 tahun yang mengasyikkan. 

Mainan edukasi anak yang satu ini cukup beragam, ada yang berupa dino warna-warni, pom-pom aneka warna, manik-manik dan masih banyak lagi. Melalui mainan edukasi ini, belajar matematika bagi anak berusia 3 tahun menjadi lebih menyenangkan.

Ajak si kecil untuk sama-sama menghitung berapa banyak mainan yang berhasil ia sortir sesuai warnanya. Selain itu, si kecil juga dapat menghafal warna lebih baik lagi melalui mainan Counting and Sorting Montessori Toy.

2. Knowledge Classification Box Montessori


Knowledge Classification Box Montessori ini merupakan mainan edukasi montessori berbentuk sebuah kotak besar yang dilengkapi dengan beragam gambar seperti bentuk, buah, dan juga angka. 

Mainan edukasi anak usia 3 tahun ini mengharuskan si kecil untuk memasukkan kartu yang terbuat dari kayu dengan gambar yang harus ia cocokkan (klasifikasi gambar). Selain belajar mengingat, mainan edukasi anak ini dapat meningkatkan kemampuan kognitif si kecil. 

Mainan edukasi kayu ini juga sangatlah aman karena terbuat dari bahan kayu yang halus dan tidak akan membuat cedera kulit si kecil. 

3. Mainan Edukasi Kayu Anak (Wooden Block)


Mainan edukasi anak usia 3 tahun berikutnya adalah sejenis Wooden Block atau mainan edukasi kayu dengan berbagai macam bentuk dan cara bermain yang berbeda-beda. 

Mainan edukasi kayu seperti ini sering kali digunakan sebagai alat peraga terapi Psikologi maupun sekolah TK serta PAUD sehingga warna yang digunakan adalah warna dasar yang mudah dikenali seperti merah, biru, hijau, dan kuning. 

Jenis mainannya juga banyak seperti balok susun angka, alfabet, huruf hijaiyah, ataupun bentuk-bentuk dasar seperti segitiga, kotak, dan lingkaran. Cara bermainnya juga variatif sesuai bentuknya, misalnya disusun ke atas, menyamping, atau sesuai urutannya.

4. Puzzle Tangram Tetris Rainbow Colow


Pernahkah Ibu bermain game Tetris? Nah kali ini si kecil bisa memainkannya juga tanpa harus membuat Ibu khawatir tentang screen time karena game ini hadir dalam bentuk puzzle kayu warna-warni yang menarik. 

Mainan edukasi anak usia 3 tahun seperti puzzle tangram tetris ini sangat persis dengan game seperti di handphone, bedanya ini terbuat dari kayu dan dapat dipegang secara nyata. Selain mengasah kreativitasnya, bermain puzzle ini juga dapat mengasah kecerdasan si kecil lho Bu.

5. Mainan Seri Bongkar Pasang


Bermain lego dapat menjadi mainan edukasi anak usia 3 tahun yang tak akan pernah membosankan. Si kecil dapat sesuka hati membuat berbagai macam bentuk dari lego warna-warni yang tersedia.

Ia dapat membuat bangunan besar, bentuk hewan besar, atau bahkan menyusunnya begitu saja sesuai dengan warnanya. Permainan yang tak lekang oleh zaman ini merupakan salah satu permainan yang akan membuat kreatifitas si kecil semakin terasah dan semakin lebih baik lagi. 

6. Mainan Edukasi Meronce

Mainan edukasi anak usia 3 tahun ke atas ini sangat perlu pengawasan dan pendampingan orang tua karena bahan yang digunakan untuk meronce biasanya kecil sehingga dapat dengan mudah masuk ke mulut si kecil. 

Meskipun begitu, mainan edukasi anak yang satu ini juga cukup seru karena selain membuat si kecil lebih kreatif, permainan ini juga akan mengajarkan si kecil berdagang karena hasil karya berupa kalung atau gelang ini bisa menjadi pundi-pundi uangnya bila dijual. 

7. Intelligence Stick Puzzle


Mengenalkan berhitung atau matematika sejak dini pada si kecil bisa dengan cara yang menyenangkan Bu, salah satunya bermain Intelligence Stick Puzzle. Mainan edukasi anak usia 3 tahun berikut ini akan mengajak si kecil berhitung lebih mudah dengan media berbagai macam stick warna-warni. 

Selain itu tersedia juga deretan angka berikut atribut matematika seperti simbol pengurangan, penambahan, hingga perkalian. Beberapa anak justru lebih tertarik belajar berhitung bila media yang digunakan menarik perhatian seperti permainan ini.

8. Menyusun Stacking Cups


Beberapa anak sangat suka bermain susun menyusun, salah satu mainan edukasi anak usia 3 tahun yang berkaitan dengan kegiatan ini adalah bermain dengan Stacking Cups Warna. Permainan ini di desain dengan ukuran yang berbeda sehingga si kecil dapat menyusunnya sesuai dengan besaran cups yang ada, bisa dari ukuran cups kecil ke besar atau sebaliknya. Bantu si kecil menyebutkan warna-warna atau angka apa yang tertulis di cups tersebut yuk Bu untuk menambah kosa kata si kecil.

9. Paket Busy Jar Montessori


Photo source: Toyeby

Mainan edukasi montessori ada yang dikemas paketan dan tersedia dengan beragam permainan dalam satu paket. Permainan ini merupakan mainan edukasi anak usia 3 tahun yang cukup unik karena akan membuat si kecil fokus dan sibuk menyelesaikan tantangan di setiap jar atau wadah yang disediakan. 

Mainan edukasi seperti busy jar montessori ini dapat melatih motorik halus si kecil, melatih konsentrasinya, melatih sensorik, hingga membuatnya mengenal banyak warna dan bentuk. Harganya pun terbilang cukup terjangkau dengan beragam permainan yang disediakan.

10. Mainan Puzzle Potong


Puzzle potong adalah mainan edukasi anak usia 3 tahun yang melibatkan permainan peran yang cukup seru. Puzzle potong ini tersedia dengan banyak bentuk dan dapat dibelah dua sehingga si kecil seolah-olah seperti sedang memotong puzzle tersebut. 

Bentuk yang disediakan biasanya berupa buah-buahan ataupun makanan yang menggugah selera. 

11. Magic Straw


Si kecil terlihat antusias bila disuguhkan dengan permainan yang membuatnya sibuk menciptakan suatu bentuk? Magic straw dapat menjadi mainan edukasi anak usia 3 tahun ke atas yang akan membuat insinyur kecil Ibu berkreasi dengan berbagai macam bentuk seperti bangunan maupun alat transportasi. 

Magic straw dapat membantu si kecil untuk berpikir lebih logis, mengasah kecerdasan spasial, melatih koordinasi mata dan tangan, hingga membuatnya imajinasinya berkembang.

12. Matching Puzzle Game


Seri mencocokkan seperti ini juga termasuk mainan edukasi anak usia 3 tahun yang tidak akan membuat buah hati Ibu mudah bosan. Matching Puzzle Game sendiri tersedia dengan beragam jenis seperti seri hewan, buah, sayuran, transportasi, atau lainnya. 

Sembari si kecil mencari gambar yang sama, Ibu dapat membantu menyebutkan nama buah tersebut untuk memudahkan si kecil mencocokkan gambarnya. Permainan puzzle seperti ini cukup bagus untuk melatih fokus si kecil dan termasuk mainan yang aman dimainkan karena bentuknya yang cukup besar. 

Perawatannya memang tak biasa, supaya puzzlenya tidak tercecer, ada baiknya potongan puzzle tersebut disimpan di tempat yang aman ya.

Editor: Dwi Ratih