Balita

Terakhir diperbaharui

3 Cara Mendidik Anak Nakal yang Tak Bisa Diatur

Bunda, anak menggunakan perilakunya untuk menunjukkan apa yang mereka rasakan dan apa yang mereka pikirkan. Sering kali, mereka mengkomunikasikan sesuatu yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata melalui perilaku negatif.

 

Penyebab Anak Nakal


Sebelum menentukan cara mendidik anak saat ia bertingkah nakal, Anda perlu ketahui apa saja yang menjadi penyebab kenakalan anak:


  1. Anak ingin perhatian ...

Terakhir diperbaharui

8 Cara Mengajarkan Anak Naik Sepeda

Naik sepeda sangat seru dan bisa jadi olahraga yang tepat untuk anak. Belajar bersepeda roda dua tanpa menggunakan training wheels juga jadi tahapan tumbuh kembang yang penting. Anak biasanya belajar mengendarai sepeda di usia antara 3 hingga 8 tahun, dan rata-rata setelah usia 5 tahun.

 

Kenapa anak perlu belajar naik sepeda?

Belajar naik sepeda ...

Terakhir diperbaharui

14 Cara Mengatasi Anak Susah Makan di Restoran

Banyak orang tua yang malas makan di luar karena anak susah akan di restoran. Sesi makan yang harusnya menyenangkan justru jadi momen yang melelahkan karena kita harus menjaga mood anak agar tetap baik. Tapi nggak selamanya makan di restoran bersama anak selalu jadi mimpi buruk. Hal ini bisa berjalan dengan baik dengan beberapa tips berikut ...

Terakhir diperbaharui

Aktivitas Untuk Mengasah Otak Kanan dan Kiri Anak

Kebanyakan anak senang melakukan aktivitas kreatif, sedang anak lainnya mulai mengeluh, “Saya nggak bisa menggambar.” Anak yang sibuk mencoret-coret ketika mendengarkan pengarahan, bukan melakukan kontak mata, membuat guru frustrasi. Beberapa orang dewasa kesulitan memahami obsesi anak yang selalu mengenakan pakaian senada. Ini sebenarnya berhubungan dengan otak kanan dan kiri anak.

 

Otak anak kecil ...

Terakhir diperbaharui

Mendidik Si Kecil Jadi Anak Mandiri

Semakin besar usia anak, semakin ia menyadari kalau ia adalah individu yang terpisah dari Anda. Ia mulai ingin melakukan berbagai hal sendiri. Bunda, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda coba untuk membantu anak mandiri:

 

  1. Mendekap erat dan biarkan si kecil bergerak

    Bayi di bawah usia 6 bulan membutuhkan respon hangat agar ia tahu ...

Terakhir diperbaharui

Manfaat Mengajak Anak Main di Luar

Anak menghabiskan waktu lebih banyak di dalam ruangan. Dibandingkan waktu senggang yang kakek-nenek habiskan untuk bereksplorasi di luar ruangan, anak zaman sekarang lebih sering di rumah. Permainan komputer, televisi dan tablet telah menggantikan panjat pohon dan lompat tali ketika anak lebih banyak berada di dalam ruangan.

 

Karena kekhawatiran orangtua dan berkurangnya area hijau, anak ...

Terakhir diperbaharui

Ajarkan Anak Melakukan Hal Ini Saat Anak Tersesat

Tiap orangtua mengkhawatirkan hal ini. Apa yang akan terjadi bila anak tersesat dan Anda tidak bisa menemukannya? Tapi Anda bisa mengajarkan ke anak apa yang harus dilakukan saat ia tersesat sehingga kemungkinan untuk menemukannya lebih tinggi.

 

Tempat yang biasanya banyak anak tersesat

Meski kehilangan anak di tempat umum jadi satu hal yang tidak ingin ...

Terakhir diperbaharui

Anak Tantrum Ternyata Bagus Untuk Perkembangannya

Batita cenderung egosentris, “Saya ingin ini, saya ingin itu.” Kondisi ini disertai dengan perkembangan kemampuan bahasa ekspresif yang tidak seimbang dibandingkan dengan kemampuan bahasa reseptif anak. Kemampuan bahasa reseptif pada anak usia 2 tahun jumlahnya ribuan, sedangkan kemampuan bahasa ekspresif umumnya hanya 150 sampai 200 kata. Kemungkinan yang membuat si batita frustrasi adalah kemampuannya ...

Terakhir diperbaharui

Ide Kado Untuk Anak Usia 1 Hingga 3 Tahun

Anak kecil pasti suka mainan. Mainan sering kali jadi kado untuk anak di hari ulang tahunnya. Tapi mainan seperti apa yang sesuai untuk anak? Kali ini Ibupedia akan berbagi tentang ide mainan untuk kado anak usia 1 sampai 3 tahun.

 

Ide kado untuk anak usia 1 tahun

Ulang tahun pertama anak selalu terasa lebih ...

Terakhir diperbaharui

Aturan dan Cara Tepat Memuji Anak

Di banyak budaya tradisional, orangtua menghindari memberikan pujian ke anak. Mereka khawatir kalau terlalu banyak memuji anak akan membuat anak bersikap egois dan merasa terlalu percaya diri. Ini dianggap pemahaman yang kuno. Kini, orang saling memuji dan memberikan banyak pujian ke anak. Mereka meyakini memuji anak akan membuat anak lebih termotivasi, lebih peraya diri, dan ...