Kehamilan

11 Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil, Tak Hanya Anti Muntah!

11 Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil, Tak Hanya Anti Muntah!

Buah pir untuk ibu hamil boleh dikonsumsi karena merupakan salah satu buah dengan kandungan vitamin dan mineral yang cukup beragam. Manfaat buah pir untuk ibu hamil digadang-gadang tak hanya mampu mencukupi kebutuhan gizi saja lho, namun buah pir bagus untuk ibu hamil karena juga memiliki kemampuan melawan infeksi di dalam tubuh. Selain itu, masih ada beragam manfaat buah pir untuk ibu hamil lainnya yang perlu ibu ketahui. Simak selengkapnya yuk!


Keamanan dan Nutrisi Buah Pir untuk Ibu Hamil

Melansir dari laman Parenting First Cry, dulu sempat beredar rumor yang mengungkapkan bahwa buah pir untuk ibu hamil tidak disarankan. Namun seiring perkembangan jaman, rumor ini terbantahkan karena ternyata buah pir untuk ibu hamil sangatlah aman. Buah pir ini mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh, melansir dari laman Parenting First Cry, berikut ini kandungan yang ada pada buah pir:

A. Kalori

Seperti yang kita ketahui, ibu hamil sangat membutuhkan kalori ekstra karena sedang membesarkan janin yang ada di dalam kandungan. Ibaratnya, ibu hamil makan untuk dua orang, yaitu untuk dirinya sendiri dan bayinya. Kalori dinilai salah satu komponen penting yang wajib ada pada setiap makanan ibu hamil karena selain membantu pertumbuhan janin.

Kalori juga berguna untuk menguatkan tubuh ibu dan membantu produksi ASI yang akan siap ketika si kecil lahir nantinya. Buah pir sendiri ternyata cukup rendah kalori namun padat karbohidrat jadi tetap bagus sebagai sumber energi ibu hamil. Inilah mengapa buah pir bagus untuk ibu hamil karena dikonsumsi sebanyak apapun kalorinya akan tetap seimbang.

B. Vitamin

Buah pir untuk ibu hamil bagus dikonsumsi juga karena mengandung sejumlah vitamin seperti vitamin C, A, hingga B6. Rangkaian vitamin yang ada pada buah pir ini punya fungsi beragam juga, dari mulai berperan sebagai antioksidan, bagus untuk otak janin, hingga membuat mata bayi lebih sehat nantinya. 

C. Serat

Serat sangat dibutuhkan oleh ibu hamil supaya buang air menjadi lebih lancar dan kesehatan perut tetap terjaga selama kehamilan. Buah pir untuk ibu hamil baik dikonsumsi karena kandungan serat yang cukup sehingga kesehatan perut dan pencernaan Ibu akan lebih terjaga dengan baik.

D. Asam Folat

Sedang mencari buah dengan kandungan asam folat yang tinggi? Ternyata asam folat tinggi tak hanya dimiliki buah alpukat ataupun pisang saja. Buah pir bagus untuk ibu hamil karena juga mengandung asam folat yang cukup untuk asupan setiap harinya. Nutrisi asam folat jangan sampai diabaikan karena menyangkut kesehatan otak janin yang ada di dalam kandungan.

E. Tembaga dan Magnesium

Buah pir untuk ibu hamil juga punya kandungan tembaga dan magnesium yaitu mikronutrien esensial yang punya peranan penting selama masa kehamilan. Tembaga akan membantu produksi sel darah merah bersama dengan zat besi dan vitamin B, sementara itu magnesium bagus untuk membuat otot lebih santai dan rileks jadi bisa mengurangi kelelahan yang sering ibu alami.

F. Kalium

Tak hanya buah pisang saja yang kaya akan kalium, buah pir bagus untuk ibu hamil karena juga mengandung nutrisi kalium meskipun tak sebanyak buah pisang. Meskipun begitu, kalium yang terkandung dalam buah pir nantinya berperan dan bertanggung jawab pada beberapa fungsi tubuh, sel, serta jaringan.


Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil

Buah pir untuk ibu hamil sudah terbukti memiliki banyak manfaat dan aman dikonsumsi. Melansir dari laman Mom Junction, berikut ini merupakan manfaat buah pir untuk ibu hamil yang perlu ibu ketahui:

1. Membantu Melawan Infeksi

Buah pir untuk ibu hamil dapat membantu melawan infeksi penyakit yang mungkin muncul. Buah pir yang manis dan lezat dapat membantu tubuh mencegah penyakit menular seperti pilek, batuk, atau flu musiman. Buah pir juga memiliki peran penting untuk mengobat sejumlah penyakit seperti infeksi paru (bronchitis, pneumonia) hingga hepatitis.

Hal ini berkaitan dengan kandungan vitamin C yang ada pada buah pir sehingga dapat membantu melawan infeksi dalam tubuh. Sebaiknya mengonsumsi buah pir dipadukan dengan sumber makanan tinggi zat besi seperti kacang-kacangan ataupun daging merah karena vitamin C pada buah pir dapat membantu penyerapan zat besi menjadi lebih baik lagi.

2. Pir Bagus untuk Jantung

Selain buah pir bagus untuk ibu hamil, ternyata buah ini juga bagus untuk memelihara kesehatan jantung. Pada 100 gram buah pir mengandung 116 miligram potassium yang memiliki fungsi penting pada jantung ibu serta janin di dalam kandungan. Selain itu, potasium juga memiliki peran yang penting dalam proses regenerasi sel dalam tubuh.

3. Membantu Mencegah Cacat Tabung Saraf

Buah pir untuk ibu hamil sangat dianjurkan karena memiliki kandungan asam folat meskipun tak sebanyak pada buah alpukat. Sepotong buah pir mengandung 12 mikrogram asam folat yang cukup untuk asupan harian, terutama bagi ibu hamil. Buah pir untuk hamil sebaiknya dikonsumsi karena asam folat ini nantinya akan membantu mencegah cacat tabung saraf.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sekarang ini menjaga kekebalan tubuh sangatlah penting, terutama bagi Ibu hamil yang rentan terhadap beragam penyakit musiman. Manfaat buah pir untuk ibu hamil salah satunya dapat membantu menjaga imunitas tubuh supaya tahan terhadap berbagai macam musim yang dialami. Hal ini dikarenakan berbagai macam kandungan vitamin yang ada pada buah pir sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

5. Anti Depresi dan Anti Muntah

Ibu hamil rentan sekali terkena depresi dan morning sickness yang menyebabkan mual hingga muntah. Depresi yang dialami ibu hamil dikarenakan saat hamil, hormon yang ada pada tubuh ibu tak menentu sehingga mood kerap kali naik turun. Ibu hamil yang mengalami mood naik turun jangan disepelekan karena akan berujung pada depresi yang juga membahayakan janin. Buah pir memiliki rasa manis dan asam yang ringan sehingga dapat mengatasi stress sekaligus dapat membantu mengurangi morning sickness.

6. Membantu Mengatasi Sembelit

Umumnya ibu hamil juga akan mengalami sembelit atau susah buang air besar. Karena keterbatasan obat yang dapat dikonsumsi selama masa kehamilan, jadi Ibu bisa mulai mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan serat, salah satunya buah pir. Manfaat buah pir untuk ibu hamil dapat membantu mengobati sembelit yang ibu alami karena selain mengandung cukup serat, buah pir mengandung zat pectin yang merupakan serat larut untuk membantu pencernaan.

7. Sumber Energi dan Kekuatan Ibu Hamil

Menumbuhkan manusia lain di dalam tubuh tidaklah mudah, ibu hamil rentan sekali merasa capek hingga kelelahan. Manfaat buah pir untuk ibu hamil dapat membantu mengisi energi dan kekuatan yang sempat terkuras tanpa takut berat badan naik drastis karena walaupun sumber energi, buah pir mengandung kalori yang sedikit. Satu buah pir segar mengandung 100 kalori, sementara itu segelas jus buah pir mengandung 46 kalori. Selain rendah kalori, buah pir juga rendah lemak, cocok juga untuk ibu yang ingin menjalani diet sehat.

8. Membuang Racun pada Tubuh

Kabar baik! Manfaat buah pir untuk ibu hamil yang menarik adalah pir mengandung tannin yang cukup tinggi sehingga dapat membantu menghilangkan logam berat dan raun berbahaya yang mungkin ada dalam tubuh Ibu. Racun berbahaya ini biasanya didapatkan saat kita terpapar sesuatu, misalnya radikal bebas, polusi udara, dan lain sebagainya.

9. Membantu Menguatkan Tulang

Manfaat buah pir untuk ibu hamil juga baik untuk menguatkan tulang, membantu pertumbuhan tulang serta gigi bayi. Satu buah pir dengan ukuran yang tidak terlalu besar saja sudah mengandung sekitar 16 miligram kalsium, apalagi mengonsumsi buah yang besar dengan takaran yang cukup. Terbayang kan berapa banyak kalsium yang akan didapatkan setiap harinya?

10. Meminimalisasi Bila Ada Pembengkakan

Mengonsumsi satu sampai dua buah pir setiap harinya akan membantu tubuh kita memenuhi kebutuhan kobalt harian, yaitu semacam vitamin B12 yang akan membantu tubuh membuat darah. Kobalt juga membantu penyerapan zat besi lebih baik lagi. Selain itu, manfaat buah pir untuk ibu hamil juga dapat memungkinkan ginjal untuk mengeluarkan kelebihan cairan yang ada pada tubuh sehingga dapat meminimalkan pembengkakan yang biasanya terjadi selama kehamilan.

11. Manfaat Lain Buah Pir untuk Tubuh

Manfaat buah pir untuk ibu hamil maupun orang pada umumnya tak berhenti sampai situ saja, buah yang satu ini juga memiliki manfaat baik lainnya. Buah pir dapat digunakan sebagai salah satu obat alami kelelahan, sakit kepala, metabolisme rendah, nafsu makan rendah, hingga masalah obesitas. Tak heran bila banyak penggiat diet yang sering kali memasukkan buah pir sebagai menu snack mereka dikala lapar melanda.


Tips Mengonsumsi Buah Pir Sehari-Hari

Buah pir pada dasarnya tidak akan menimbulkan efek samping pada siapapun yang mengonsumsinya, terutama ada masa kehamilan seseorang. Namun tetap harus waspada terhadap buah ini bila Ibu memiliki sejumlah kondisi seperti berikut ini:

A. Hati-hati Bagi Penderita Diabetes

Buah pir cenderung terasa manis dan manisnya pun sangat alami. Namun sayangnya, bagi penderita diabetes, buah pir tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi berlebihan. Ada batas maksimal untuk memakan buah ini setiap harinya. Ibu bisa mengonsultasikan pada dokter mengenai takaran yang pas karena ini berkaitan dengan kondisi pasien.

B. Hindari Buah Pir Bila Produksi Gas Berlebih

Produksi gas berlebih dapat menyebabkan perut kembung, mual, hingga muntah. Ada yang menyebutnya maag, ada juga yang menyebutnya asam lambung. Mengonsumsi buah pir yang biasa dimakan mentah mengandung serat kasar yang dikhawatirkan dapat mengiritasi perut dan mungkin akan menyebabkan muntah hingga diare bagi yang tidak mampu menerimanya. Meskipun begitu, ada saran jitu supaya lebih aman mengonsumsi buah ini, yaitu dengan cara dipanggang, direbus, maupun dikukus. 

C. Pir untuk MPASI Si Kecil

Anak-anak mungkin akan menyukai buah yang satu ini karena rasanya yang manis dan mudah dicerna. Bila disajikan untuk anak-anak, sebaiknya pilih buah yang sudah matang dan empuk sehingga mereka akan mudah saat mengonsumsinya. Untuk snack MPASI si kecil, disarankan untuk mengkukus buah ini terlebih dahulu sehingga akan menghasilkan tekstur yang lebih lembut dan ringan saat dikunyah. 

D. Konsumsi Pir dalam Jumlah yang Cukup

Manfaat buah pir untuk ibu hamil memang sangat banyak, namun tetap saja tidak boleh berlebihan mengonsumsi buah yang satu ini karena ditakutkan akan menimbulkan masalah lambung. Buah pir bagus untuk ibu hamil saat dikonsumsi dengan takaran yang pas supaya perut terasa aman dan terhindar dari kembung, diare, ataupun muntah.

E. Cuci Bersih Buah Pir

Buah pir bagus untuk ibu hamil dan boleh dikonsumsi dengan olahan apa saja, termasuk dimakan begitu saja (mentah). Namun tetap perlu dicuci sampai bersih terlebih dahulu supaya tidak membawa kuman, kotoran, ataupun mikroba apapun yang mungkin terbawa sampai dalam tubuh bila tidak dicuci. Ini sangat perlu diperhatikan mengingat ibu hamil sangat rentan terhadap kondisi yang satu ini.

F. Pilihlah Pir yang Segar

Pilihlah buah pir yang masih segar, tanpa bintik-bintik hitam, bekas memar, ataupun noda pada kulitnya. Cium aroma pir terlebih dahulu karena buah pir yang masih segar dan sehat cenderung berbau harum khas buah pir dan sangat menggugah selera untuk mengonsumsinya. 

Simpanlah buah pir dalam kulkas supaya lebih tahan lama, namun pastikan tertutup kantong kertas coklat supaya tidak terkontaminasi bau bahan makanan lainnya. Idealnya, buah pir lebih baik dikonsumsi tidak lebih dari seminggu setelah masuk kulkas.

G. Konsumsi Pir Lebih Baik Setelah Makan

Sebenarnya kapan saja boleh mengonsumsi buah ini bila tidak ada pantangan seperti penyakit lambung. Hal ini dikarenakan beberapa buah pir akan memiliki rasa yang sedikit asam meskipun tetap manis. Penderita penyakit lambung cenderung tidak tahan dengan rasa asam yang ditimbulkan buah pir dan akan sangat mengganggu. Jadi ada baiknya pir dikonsumsi setelah makan saja  dan jangan dalam keadaan perut kosong. Buah pir yang dicampur dengan susu segar cenderung memberi efek pencahar, jadi harus hati-hati juga terhadap hal ini ya.

 

Editor: Atalya