Kelahiran Dibaca 164 kali

22 Kata yang Sering Digunakan dalam Dunia Parenting

Share info ini yuk ke teman-teman
Darin
22 Kata yang Sering Digunakan dalam Dunia Parenting

Ada banyak sekali kata yang sering digunakan dalam dunia parenting. Biasanya Ibu atau Ayah akan banyak menemukannya di forum-forum, artikel, atau konten media sosial mengenai pengasuhan anak. Sayangnya, tidak sedikit kata, istilah, atau singkatan seputar parenting ini yang masih asing di telinga, membuat Ibu justru semakin kebingungan.

Namun, begitulah ilmu. Semakin berkembang suatu ilmu, kata atau istilah yang dipakai di dalamnya juga akan semakin bertambah. Di dunia parenting pun demikian. Mungkin beberapa istilah yang akan kita bahas kali ini tidak pernah ditemui orangtua zaman dulu. Tapi, seiring berkembangnya zaman dan semakin luasnya ilmu pengetahuan, istilah-istilah seputar parenting pun jadi kian beragam.

Sebagai orangtua milenial yang hidup di masa sekarang, ada baiknya jika Ibu juga mengikuti perkembangan ilmu parenting, termasuk memahami istilah atau singkatan yang kerap dipakai di dalamnya. Istilah-istilah tersebut akan memudahkan Ibu dalam mencari referensi bacaan atau ketika Ibu konsultasi dengan dokter maupun saling berbagi dengan sesama orangtua baru.

Lalu, apa saja ya kata, istilah, atau bahkan singkatan yang sering dipakai seputar pengasuhan? Yuk, Bu, kita belajar sama-sama!

Kata yang Sering Digunakan dalam Dunia Parenting

  1. ASIX

    Kata yang pertama adalah ASIX. ASIX merujuk pada istilah ASI Eksklusif yang artinya pemberian Air Susu Ibu (ASI) kepada bayi saat masih usia 0 sampai 6 bulan. Pada masa ASI Eksklusif ini bayi tidak diberikan asupan apa pun (termasuk susu formula) selain ASI.

  2. ASIP

    Singkatan ASIP mungkin sudah sering didengar para Ibu pekerja yang memompa ASI saat masih berada di kantor. ASIP adalah singkatan dari ASI Perah. Para Ibu yang harus berada jauh dari bayinya selama beberapa jam, sebaiknya tetap melakukan pengosongan payudara dengan memompanya. Nah, hasil pompa inilah yang disebut ASIP.

  3. FIFO LIFO

    Masih seputar ASI, ada juga istilah FIFO dan LIFO. Keduanya merupakan istilah yang merujuk pada manajemen ASIP. FIFO adalah singkatan dari First In First Out, sedangkan LIFO berarti Last In First Out.

    Melansir dari situs resmi Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia, Ibu yang menerapkan metode FIFO dalam pemberian ASIP, berarti mendahulukan ASIP yang paling baru diperah untuk diberikan ke bayinya. Sebaliknya, dengan metode LIFO, berarti Ibu memberikan ASIP yang paling lama diperah. Jika stok ASIP dalam freezer melimpah, Ibu bisa menggabungkan metode FIFO dan LIFO ini.

  4. Eping

    Kata yang sering digunakan di dunia ASI lainnya adalah “eping”. Eping merupakan singkatan dari exclusive pumping. Istilah ini merujuk pada Ibu yang tidak lagi menyusui anaknya secara langsung tapi masih melakukan pumping secara rutin. Bayi eping akan meminum ASIP Ibunya melalui media lain, seperti dot, pipet, atau cawan.

  5. Bingput

    Ada juga istilah bingput atau bingung puting. Bingput adalah sebutan saat bayi kesulitan atau bahkan menolak minum ASI dari payudara. Biasanya kondisi ini disebabkan oleh penggunaan dot. Selain itu, bayi yang terlalu sering dibiarkan mengempeng juga bisa berisiko mengalami bingung puting.

  6. Sufor

    Sufor adalah kata yang sering digunakan untuk mempersingkat penyebutan susu formula. Susu ini dirancang khusus sebagai produk pengganti ASI yang berfungsi untuk memberi nutrisi pada bayi di bawah usia 12 bulan.

  7. Tandem nursing

    Istilah tandem nursing juga termasuk kata yang sering digunakan dalam dunia parenting. Tandem nursing merujuk pada kondisi ketika Ibu harus menyusui 2 anak sekaligus di payudara kanan dan kiri. Bisa karena anaknya kembar, atau karena jarak antara kedua anaknya berdekatan. 

  8. MPASI

    MPASI adalah singkatan dari Makanan Pendamping ASI. Makanan ini diberikan kepada bayi yang berusia 4-6 bulan hingga usia 2 tahun. MPASI diberikan ketika ASI sendiri sudah tidak bisa lagi mencukupi kebutuhan nutrisi bayi untuk tumbuh kembang yang lebih optimal.

  9. Baby Led Weaning

    Baby Led Weaning atau disingkat BLW adalah metode pemberian makan untuk bayi di mana Ibu memberikan kepercayaan kepada anaknya untuk makan sendiri. Alih-alih disuapi bubur lembek, bayi justru dibiarkan memegang dan menyuap makanannya sendiri. Biasanya makanannya dipotong lebih kecil dan disesuaikan dengan kemampuan menggenggam bayi.

  10. GTM

    GTM adalah singkatan dari Gerakan Tutup Mulut. Kata yang sering digunakan dalam dunia MPASI ini merujuk pada kondisi saat anak mogok makan. Bisa dibilang, hampir semua anak akan mengalami fase GTM. Umumnya GTM terjadi saat anak tumbuh gigi, sakit, atau sedang bosan makanannya.

  11. Growth Spurt

    Kata yang sering digunakan selanjutnya adalah growth spurt atau percepatan pertumbuhan. Fase ini juga dialami hampir semua bayi. Saat growth spurt terjadi, biasanya si kecil akan sangat rewel dan menyusu lebih sering atau cluster feeding.

  12. Clodi

    Clodi adalah istilah yang digunakan untuk menyebut popok kain. Clodi yang merupakan singkatan cloth diaper ini bisa jadi alternatif Ibu untuk menggunakan popok selain popok sekali pakai. Umumnya, alasannya karena lebih hemat dan meminimalisir munculnya ruam.

  13. NWP

    NWP berbeda dengan NPWP ya, Bu. NWP atau Nursing While Pregnant adalah kondisi saat seorang Ibu sedang hamil namun masih harus menyusui anaknya. NWP biasanya dialami Ibu yang jarak lahir anaknya berdekatan.

  14. SAHM

    Kata yang sering digunakan lainnya adalah SAHM. Seperti dilansir dari Medium, SAHM merupakan singkatan dari Stay-At-Home-Mom atau kalau di negara kita juga akrab disebut IRT (Ibu Rumah Tangga).

  15. SAHD

    SAHD adalah versi “lelaki” dari SAHM. SAHD memiliki kepanjangan Stay-At-Home-Dad. Meski mungkin SAHD itu jarang, lebih jarang dari SAHM, tapi bukan berarti tidak ada Ayah yang menjadi SAHD lo, Bu. Sayangnya di negara kita, SAHD masih sering dianggap remeh ya.

  16. WM

    Masih berkaitan dengan bekerja-tidak bekerja, WM juga termasuk kata yang sering digunakan. Kepanjangannya adalah working mom, atau lawannya SAHM. Tapi kalau di sini, sepertinya working mom lebih lekat dengan Ibu pekerja kantoran dibanding Ibu yang bekerja dari rumah.

  17. SSC

    SSC adalah singkatan dari soft structured carrier. SSC termasuk salah satu gendongan hits masa kini yang memungkinkan Ibu menggendong bayi di bagian depan. Bentuknya mirip tas punggung yang ada selempangnya untuk dipasang di bahu penggendong. Gendongan ini dirancang untuk bayi mulai usia 4 bulan. Namun, ada juga merek gendongan SSC yang bisa dipakai bayi sejak baru lahir.

  18. Hipseat

    Lain SSC, lain pula hipseat. SSC dan hipseat memiliki bentuk yang sekilas tampak mirip. Bedanya hipseat memiliki dudukan di bagian pinggang yang bisa dipakai untuk bayi. Karena itu, hipseat hanya bisa digunakan bayi yang memang sudah bisa menyangga kepala dan lehernya sendiri, biasanya sekitar 6 bulanan.

  19. Tummy time

    Kata yang sering digunakan lainnya adalah tummy time, atau waktu yang merujuk saat bayi diberi kesempatan berada pada posisi tengkurap. Tummy time sangat penting dilakukan pada bayi yang baru belajar menegakkan kepalanya. Fungsinya untuk melatih kekuatan otot lehernya.

  20. Toddler

    Toddler adalah fase saat bayi menginjak usia 1-3 tahun. Istilah ini dipakai karena anak sudah terlalu tua disebut bayi, tapi masih terlalu muda disebut anak-anak. Fase ini juga merupakan fase awal seorang balita.

  21. Terrible two

    Saat bayi sudah mencapai usia 2 tahun, biasanya ia mulai bisa membantah dan menolak arahan orangtua karena ia merasa telah dewasa. Hal inilah yang menyebabkan fase ini disebut juga dengan istilah terrible two. Orangtua kerap dibuat kewalahan dengan perilaku anak yang masuk fase ini.

  22. VBAC

    Kata yang sering digunakan lainnya adalah VBAC. Sebenarnya VBAC adalah singkatan dari Vaginal Birth After Cesarean, atau kondisi saat Ibu menjalani prosedur persalinan normal setelah sebelumnya melahirkan secara sesar.

    Seperti yang kita tahu, Ibu yang pernah melahirkan sesar akan cenderung sulit melahirkan normal di kehamilan berikutnya. Namun, bukan berarti hal itu mustahil terjadi. VBAC dapat dilakukan asal kondisi Ibu memenuhi syarat.

Itulah berbagai kata yang sering digunakan seputar dunia pengasuhan. Semoga bisa menambah wawasan kita sebagai orangtua ya, Bu!

Penulis: Darin Rania
Editor: Dwi Ratih