Kelahiran

Coba yuk! 7 Tips Memancing Kontraksi Agar Cepat Melahirkan

Coba yuk! 7 Tips Memancing Kontraksi Agar Cepat Melahirkan

Berbagai cara akan dilakukan untuk memancing kontraksi agar cepat melahirkan saat sudah memasuki HPL. Tapi ya namanya juga Hari Perkiraan Lahir. Artinya hari tersebut memang hanyalah sebuah perkiraan yang bisa saja terjadi lebih cepat atau justru laebih lambat. Bayi yang masih betah di dalam perut Ibu lewat dari Hari Perkiraan Lahir perlu dirangsang agar dapat segera lahir.

Tips Memancing Kontraksi Agar Cepat Melahirkan

Bila bayi masih di dalam kandungan hingga 41-42 minggu, ada risiko yang mengintai. Menurut Healthline, jika bayi tidak segera lahir pada usia kehamilan tersebut, air ketuban semakin sedikit dan suplai oksigen untuk bayi dapat berkurang. Bisa juga terjadi mekonium naik ke paru-paru atau bayi lahir mati.

Untuk itu, jika kehamilan sudah cukup bulan, Ibu bisa coba memancing kontraksi agar cepat melahirkan. Lakukan beberapa tips di bawah ini ya.

1. Perbanyak Berjalan Kaki


Masuknya kepala bayi ke jalan lahir dipengaruhi gravitasi. Berdiri kemudian memperbanyak berjalan kaki akan membantu bayi lebih turun ke bawah. Ohya, Ibu bisa coba juga naik turun tangga, lho. Ini akan membantu rahim dan jalan lahir melebar.

2. Menstimulasi Puting


Menurut laman Parents, menstimulasi puting adalah cara memancing kontraksi agar cepat melahirkan. Stimulasi ini dapat membuat kontraksi datang lebih cepat dengan durasi kontraksi yang cukup lama. Caranya adalah dengan menstimulasi puting menggunakan jempol dan jari telunjuk seperti menggelitik. Bisa juga dengan menggosokkan telapak tangan dengan lembut ke puting. Cara yang lebih kuat adalah dengan menggunakan pompa ASI. Tarikan pompa ASI yang cukup kuat menstimulasi puting untuk dapat mengaktifkan hormon oksitosin. Hormon ini berfungsi untuk mengeluarkan ASI dan memberikan tekanan pada rahim.

3. Berhubungan seks


Cara memancing kontraksi agar cepat melahirkan yang satu ini banyak disarankan orang tua jaman dulu. Eh, ternyata bukan sekedar isapan jempol belaka, lho. Dilansir dari Healthline, orgasme dapat menstimulasi rahim. Sedangkan seks secara umum menghasilkan hormon oksitosin yang cukup banyak. Tetapi yang perlu diingat bahwa seks hanya boleh dilakukan jika ketuban belum pecah. Karena jika sudah pecah, maka justru akan terjadi infeksi yang membahayakan Ibu dan bayi.

4. Melakukan Gerakan Khusus


Gerakan khusus untuk memancing kontraksi agar cepat melahirkan bisa dengan duduk memantul di gym ball atau melakukan squat. Duduk di gym ball dengan gerakan panggul memutar mampu membantu mengarahkan bayi turun lebih jauh ke jalan lahir. Sedangkan squat dapat membantu memberikan tekanan dari atas perut menuju ke jalan lahir.

Nggak hanya itu, Bu. Ibu juga bisa mencoba berdansa atau berayun ringan. Caranya adalah dengan mengalungkan tangan ke leher suami, lalu gerakkan panggul memutar atau ke kanan dan ke kiri. Selain nyaman, ini juga bisa memancing kontraksi agar cepat melahirkan.

5. Mengonsumsi Makanan Perangsang Kontraksi 

Beberapa jenis makanan berperan sebagai perangsang kontraksi. Mengonsumsi buah kurma menjelang kelahiran adalah cara tepat memancing kontraksi agar cepat melahirkan. Ini karena kurma mampu mendukung pelebaran rahim dan mempermudah bayi masuk ke jalan lahir. Kurma juga memberi stamina pada Ibu yang sedang berjuang melahirkan.

Ada juga Fenugreek atau klabet (rempah untuk gulai) yang bisa merangsang kontraksi pada rahim. Fenugreek biasa digunakan untuk meningkatkan kuantitas ASI. Karena hormon ASI dan hormon kehamilan berbanding terbalik, maka untuk memancing kontraksi agar cepat melahirkan adalah dengan stimulasi ASI. Mengonsumsi fenugreek akan meningkatkan hormon oksitosin dan mempercepat bayi turun ke jalan lahir. 

Nah, selain dua makanan tersebut, siapa nih yang suka makanan pedas? Makanan pedas diyakini sebagai makanan induksi alami yang memancing kontraksi agar cepat melahirkan. Hal ini didasari oleh dilepaskannya hormon prostaglandins yang merangsang keinginan buang air besar. Harapannya, sensasi ini akan membantu mendorong bayi semakin masuk ke jalan lahir.

Coba juga makan nanas. Nanas memiliki efek seperti oksitosin saat dikonsumsi. Sehingga mengonsumsi nanas baik untuk memancing kontraksi agar cepat melahirkan.

6. Relaksasi dan Sounding


Salah satu hal yang bisa memicu hormon oksitosin untuk memancing kontraksi agar cepat melahirkan adalah rileks. Karena itu, cobalah untuk melakukan relaksasi dengan berdiam diri, mendengarkan musik tenang, berendam air hangat, membayangkan bayi turun ke jalan lahir, membayangkan proses melahirkan mudah, dan sounding bayi Ibu. Rileks sembari mengajak bayi untuk segera turun ke jalan lahir selain mempercepat kelahiran juga dapat meningkatkan bonding Ibu dengan bayi.

7. Bantuan Medis


Bila cara-cara tersebut sudah dicoba dan belum membuahkan hasil, biasanya dokter atau bidan akan menyarankan bantuan medis, seperti dibantu untuk memperbaiki posisi bayi (bila sungsang), memberikan suntikan induksi, atau memecahkan ketuban lewat jalan lahir. Semua tindakan ini tidak bisa diputuskan sendiri oleh Ibu atau keluarga. Tindakan medis ini diambil atas saran dari dokter atau bidan yang mendampingi kelahiran.

Semua cara memancing kontraksi agar cepat melahirkan ini, haruslah didasari dengan optimalnya kesehatan Ibu dan bayi. Apabila ada kondisi dimana Ibu sudah sangat kelelahan atau bayi terlilit tali pusat, biasanya dokter akan menyarankan tindakan operasi Caesar. Selama tidak ada kondisi medis yang khusus, cara-cara tersebut dapat dilakukan. Selamat mencoba!

Penulis: Mega Pratidina Putri
Editor: Dwi Ratih