Keluarga

15 Rekomendasi Kado Ulang Tahun anak 2 Tahun yang Bermanfaat!

15 Rekomendasi Kado Ulang Tahun anak 2 Tahun yang Bermanfaat!

Momen ulang tahun bagi anak-anak dapat menjadi suatu momen yang tak terlupakan. 

Meriahnya suasana, warna-warninya dekorasi ulang tahun, kue ulang tahun dengan berbagai karakter favorit si kecil, hingga beragam kado ulang tahun yang akan mereka dapatkan adalah hal yang paling seru dari sebuah momen ulang tahun. 

Pertimbangan Saat Memilih Kado Ulang Tahun Anak

Kado ulang tahun juga biasanya dipilih dengan mempertimbangkan banyak hal seperti hal-hal berikut ini:

1. Kado Sesuai Jenis Kelamin

Kesetaraan gender saat ini sudah banyak digaungkan, tak hanya untuk orang dewasa saja, ini juga berlaku pada anak-anak salah satunya dalam hal memilih mainan. Anak laki-laki boleh main masak-masakan, begitu juga anak perempuan boleh bermain bola. 

Namun meskipun begitu, tampaknya memilih kado ulang tahun di berbagai kalangan masyarakat masih menggunakan metode yang satu ini ya.

2. Kado Sesuai Kegunaannya

Para Ibu pastinya paling jago nih memilih kado ulang tahun anak berdasarkan asas manfaat dan kegunaanya. Misalnya, saat ulang tahun anak teman, tetangga, atau saudara

Ibu memilih kado mainan edukasi karena dapat dimainkan sampai usia dewasa, kado alat tulis untuk anak-anak yang sudah mulai bersekolah, hingga kado alat makan untuk balita. Memilih kado sesuai kegunaannya tentu saja akan mendatangkan manfaat sehingga kado tersebut tidak sia-sia diberikan. 

3. Kado Sesuai Usia Anak

Kado ulang tahun ada juga yang diberikan berdasarkan usia anak karena dianggap akan lebih pas sasaran dan dapat digunakan saat itu juga. Misalnya, untuk kado ulang tahun anak 2 tahun Ibu akan memilih barang yang lebih membuat si kecil tertarik seperti mainan, baju anak, sepatu, dan masih banyak lagi. 

Untuk rentang usia ini, mainan edukasi biasanya menjadi salah satu ide kado ulang tahun anak 2 tahun yang paling banyak dicari.

Rekomendasi Kado Ulang Tahun Anak 2 Tahun

Ide kado ulang tahun anak 2 tahun ada banyak jenisnya, dari mulai baju, hingga beragam mainan lucu. Dilansir dari berbagai sumber, kado ulang tahun anak 2 tahun berikut ini bisa jadi acuan ketika si kecil atau kerabat dekat akan merayakan pesta ulang tahun ya!

1. Baju Anak yang Super Cute dan Lucu

Memberi kado ulang tahun anak 2 tahun berupa baju yang lucu adalah ide yang menarik! Ibu bisa memilih size baju anak tersebut untuk digunakan saat itu juga atau bisa digunakan ketika ia besar nanti. 

Ada banyak baju anak sebagai ide kado ulang tahun anak 2 tahun seperti satu set baju tidur, sweater, jacket, setelan kaos dan celana, dress anak, atau baju harian yang nyaman untuknya. Satu set baju anak berikut ini cocok digunakan untuk anak laki-laki maupun perempuan dengan harga terjangkau yaitu mulai dari Rp 19,900 saja.

2. Berbagai Macam Puzzle 


Puzzle dapat menjadi satu mainan yang seru dan sangat edukatif. Permainan yang satu ini akan membantu mengasah banyak kemampuan pada si kecil seperti kemampuan menyelesaikan masalah, kemampuan untuk fokus pada tugas yang diberikan, kemampuan berimajinasi, dan melatih koordinasi antara otak dengan panca inderanya. 

Puzzle yang penuh dengan warna dan memiliki bentuk yang menarik dapat menjadi ide kado ulang tahun anak yang brilliant. Mainan puzzle ini juga sangat terjangkau, Ibu bisa membelinya mulai dari harga Rp 10,000 tergantung dari puzzle yang dipilih.

3. Beragam mainan Transportasi

Kado ulang tahun anak 2 tahun laki-laki seperti koleksi berbagai macam alat transportasi bisa jadi kado terbaik untuk sang jagoan! Biasanya, anak laki-laki sangat tertarik dengan beragam bentuk mainan transportasi seperti mobil, truck, mobil pemadam kebakaran, mobil bus, mainan kereta api, pesawat terbang, kapal, dan masih banyak lagi.

Anak perempuan juga boleh lho bermain mobil, jadi bila putri tercinta sangat tertarik dengan dunia transportasi, Ibu bisa memberi mainan ini sebagai kado ulang tahun anak 2 tahun perempuan ya.

4. Mainan Mobil Dorong


Usia dua tahun biasanya sudah mampu berjalan sendiri dan sudah mampu menggerakan kedua kakinya dengan lincah. Kado ulang tahun anak 2 tahun selanjutnya adalah mainan mobil dorong dengan berbagai macam bentuk. 

Mobil dorong ini sangat bermanfaat karena tak hanya bisa didorong oleh Ibu dari belakang namun si kecil bisa menjalankannya dengan menggerakkan kedua kakinya maju atau mundur. Mobil dorong ini tak hanya sebagai mainan saja, namun bisa juga untuk melatih koordinasi otot-otot kaki si kecil. 

Mainan mobil dorong dibandrol dengan harga kisaran Rp 155,000 ke atas.

5. Pop It Fidget Toy

Ingin memberi kado ulang tahun anak 2 tahun yang sedang hits dan happening saat ini? Pop It Fidget Toy adalah jawaban yang tepat! Mainan yang satu ini hadir dengan beragam warna menarik dan mencolok. Cocok juga digunakan sebagai media bermain menyebutkan warna sambil memencet bagian Pop It-nya. 

Selain seru bila dimainkan sendiri, permainan yang satu ini juga bisa dimainkan bersama dengan anggota keluarga lainnya. Harga yang ditawarkan untuk sebuah Fidget Toy ini beragam, mulai dari Rp 8000 tergantung dari ukurannya.

6. Mainan Musikal


Bermain alat musik sedari kecil sangat bagus untuk perkembangan otak si kecil, oleh karenanya memilih mainan alat musik sebagai kado ulang tahun anak 2 tahun adalah pilihan yang pas. Permainan alat musik yang ada juga cukup beragam seperti xylophone, piano, drum, gitar, ukulele, hingga gendang. 

Nada dan suara alat musik yang dihasilkan tak hanya bagus untuk otak namun juga dapat mengasah kreativitas serta bakat seni si kecil sejak dini. Harga yang dibandrol untuk jenis permainan musik ini beragam dan terjangkau, misalnya untuk sebuah xylophone berada di kisaran Rp 45,000 saja.

7. Kid Storybook Torch

Imajinasi merupakan salah satu bagian terbaik dari anak-anak dan sebagai orang tua kita wajib mengasahnya lebih dalam sehingga kelak hal ini akan membuat anak menjadi lebih kreatif. 

Ada satu alternatif membacakan dongeng untuk si kecil bila ia tidak terlalu suka dengan buku, yaitu menggunakan Kid Storybook Torch. Produk yang satu ini juga dapat menjadi kado ulang tahun anak 2 tahun yang sangat bagus! 

Media yang digunakan untuk membacakan cerita kali ini tak hanya buku saja, namun juga sebuah senter yang dilengkapi dengan gambar 2D menarik sebagai bahan dongeng. Bahan cerita yang disediakan juga cukup banyak dan tersedia hingga 11 cerita populer. 

Selain dapat digunakan sambil membaca bukunya, di sini Ibu bebas bercerita sesuai dengan versi Ibu sendiri dan menggunakan bahasa Ibu yang asli sehingga dapat membantu si kecil menambah kosakatanya. Harga yang ditawarkan untuk produk ini mulai dari Rp 170,000.

8. Pushbike Balance Bike

Sedang mencari kado ulang tahun anak 2 tahun yang bisa dijadikan investasi jangka panjang? Pushbike balance bike bisa jadi solusi yang tepat karena sepeda jenis ini sangat cocok diberikan sebagai kado ulang tahun anak 2 tahun laki-laki maupun perempuan yang baru mulai belajar menggunakan sepeda. 

Balance bike dinilai bermanfaat karena dapat membuat si kecil belajar keseimbangan sejak dini sehingga nantinya ia akan siap untuk mengendarai sepeda tanpa tambahan roda. Balance bike sendiri hadir dengan berbagai macam varian dan harga mulai dari Rp 199,000!

9. Mainan Istana Kastil

Kado ulang tahun anak 2 tahun perempuan yang sangat suka dengan cerita putri cantik dari negeri dongeng apa ya? Mainan istana kastil bisa jadi pilihan yang super pas lho Bu! Melalui mainan ini si kecil akan belajar bermain role-play dan akan mengembangkan imajinasinya lebih dalam lagi. 

Dalam memainkan permainan ini, si kecil bebas bermain sendiri menata berbagai macam barang yang ada dan sesekali Ibu bisa menemaninya supaya si kecil tidak terus menerus bermain sendirian ya.

10. Mainan Make up atau Salon


Kado ulang tahun anak 2 tahun perempuan selanjutnya cocok sekali diberikan kepada si kecil yang sudah hobi berdandan sejak dini. Biasanya anak perempuan akan tertarik bila melihat Ibu berdandan bukan? Berikan permainan make up atau salon untuk mewujudkan impiannya menjadi MUA hits terkenal nantinya. 

Mainan make up atau salon ini cenderung aman karena tidak menggunakan listrik dan bahan make up berbahaya, semuanya hanya disediakan dalam bentuk role-play saja. Harga yang ditawarkan untuk satu set mainan make up dan salon ini adalah mulai dari Rp 92,500 hingga Rp 135,000.

11. Buku Cerita Dongeng Anak

Untuk anak-anak yang gemar membaca, memilih buku cerita dongeng anak berbagai macam seri merupakan kado ulang tahun anak 2 tahun yang sangat cocok serta bermanfaat. 

Membacakan dongeng untuk anak-anak tak hanya akan membuat kosakata si kecil bertambah, namun juga akan menambah kedekatan antara orang tua dengan anak-anak.

Jangan lupa untuk mengajak si kecil berinteraksi seperti bertanya hewan apa yang ada di buku cerita atau Ibu bisa juga meminta si kecil memilih sendiri cerita yang ingin dia dengarkan. 

12. Paket Mainan Montessori 


Kado ulang tahun anak 2 tahun dapat juga berupa paket mainan montessori yang memiliki banyak manfaat. 

Seperti stimulasi dan koordinasi gerak tangan dan mata anak, mengurangi screen time pada anak, melatih konsentrasi dan fokus si kecil, melatih imajinasi anak-anak, mengasah kreativitas, belajar mengenal warna, belajar berhitung, belajar dengan tekstur, dan masih banyak lagi. 

Paket mainan montessori punya varian harga beragam mulai dari Rp 12,500 saja.

13. Play Doh

Play doh dapat dijadikan kado ulang tahun anak 2 tahun yang unik dan juga menyenangkan. Permainan ini akan melibatkan kreativitas si kecil dalam membuat beragam bentuk lucu dari play doh yang disediakan. Selain itu, melalui play doh si kecil juga akan belajar tentang beragam warna. 

Saat bermain play doh, untuk anak usia 2 tahun sebaiknya diawasi oleh Ayah, Ibu ataupun orang dewasa siapapun ya supaya lebih aman karena anak usia 2 tahun masih rentang memasukkan barang apa saja ke dalam mulut.

14. Flash Card Edukasi Anak


Flash card adalah permainan dengan media kartu-kartu berisi topik seru untuk dikenalkan pada si kecil. Ada banyak varian atau seri flash card yang ditawarkan dari mulai mengenal buah, hewan, huruf, angka, bahkan benda-benda di sekitar. Kado ulang tahun anak 2 tahun seperti flash card dapat digunakan hingga si kecil besar. 

Cara bermainnya juga sangat banyak, Ibu bisa mulai menunjukkan satu topik dan bertanya pada si kecil buah apa yang ada di flash card tersebut. Harga flash card ini juga cukup terjangkau!

15. Stacking Ring Donut

Kado ulang tahun anak 2 tahun yang tetap seru dimainkan hingga usianya sepuluh tahun bahkan bisa lebih salah satunya adalah ring donut yaitu permainan menyusun donut pada sebuah ring dari mulai donut besar hingga kecil. 

Permainan menyusun donut dapat membantu melatih motorik si kecil, mengenal warna, hingga berhitung. Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau yaitu mulai dari Rp 15,000 saja.

Editor: Dwi Ratih