Keluarga Dibaca 418 kali

10 Akun Instagram yang Banyak Menginspirasi Para Ibu

Share info ini yuk ke teman-teman
Dwi
10 Akun Instagram yang Banyak Menginspirasi Para Ibu

Media sosial Instagram merupakan laman yang paling banyak dikunjungi warganet selain Twitter. Bagi para Ibu, akun Instagram cukup membantu dalam berbagai jenis urusan keluarga. Mulai dari urusan dapur, parenting, hubungan dengan pasangan, ASI, MPASI, tumbuh-kembang anak, hingga soal belanja. Nah, jika ingin semakin melek ilmu parenting, tumbuh-kembang anak atau ASI dan MPASI bisa lho coba untuk menengok ke beberapa akun media sosial Instagram momfluencer rekomendasi Ibupedia berikut: 

  1. Retno Hening Palupi @retnohening

    Retno Hening Palupi

    Ibu dari Kirana dan Rumaysaa ini termasuk Ibu yang tidak sengaja menjadi akun Instagram junjungan para orang tua. Ibuk Retno tinggal bersama suami dan anak-anaknya di Oman untuk mengikuti pekerjaan suaminya. Mulanya sih, akun Instagram Ibuk Retno digunakan untuk mengabadikan momen kelucuan Kirana agar keluarga di Indonesia juga bisa melihat kelucuan Kirana. Rupanya, tak hanya keluarga, bahkan banyak sekali orang yang kemudian juga menyukai tingkah lucu Kirana dan cara Ibuk Retno mendidik Kirana. 

    Dengan suara yang lembut dan kesabarannya, Ibuk Retno secara tidak langsung menjadi teladan bagaimana caranya mendidik anak perempuannya, Kirana dan Rumaysaa. Nah, Ibu-Ibu yang ingin mencontoh bagaimana sih pola asuh Ibuk Retno, bisa langsung follow mereka ya.

    Jika ingin lebih dekat mengenal mereka, bisa juga kok dengan membaca buku "Happy Little Soul" dan "Kirana and Happy Little World" yang mengisahkan tentang perjalanan Ibuk Retno dalam membesarkan Kirana. Saat ini, Ibuk Retno juga berkontribusi pada penulisan buku barunya bersama beberapa perempuan yang tinggal di luar Indonesia, berjudul "Enak Sih, Tapi…: Cerita Perempuan Indonesia di Tanah Rantau".

  2. Damar Wijayanti @damarwijayanti

    Damar Wijayanti

    Wanita yang lebih suka dipanggil Ibu Damar ini dikenal dengan tagar Montessori Sehari-hari. Ibu Damar banyak membagikan kegiatan berbasis Montessorinya bersama Embun, putri kecilnya (E). Ibu Damar juga seringkali membahas tentang masalah emosi pada anak dan Ibu, memberikan beberapa DIY project, mencontohkan messy play bersama E, juga menjelaskan tentang manfaat free play dan banyak tips parenting lainnya.

    Bahasan yang diulas Ibu Damar selalu mengena di hati para Ibu yang membaca, karena tulisannya nyaman dibaca, practical, dan tidak terkesan menggurui. Ibu Damar juga seringkali menjelaskan tentang pentingnya keterlibatan orang tua dalam penerapan metode Montessori. Karena dalam Montessori diperlukan 3 pilar penting, yaitu Anak, Orang Dewasa yang Mendampingi, dan Lingkungan.

    Ibu Damar juga sudah punya buku lho, judulnya “Rapi-Rapi” (Seri Caramonti). Ibu-Ibu bisa belajar banyak dari Ibu Damar tentang kesederhanaan dalam pengasuhan anak dan keterlibatan orang tua dalam mendampingi anak bermain.

  3. Grace Melia @grace.melia

    Grace Melia

    Grace Melia adalah seorang play therapist bersertifikat yang akrab disapa Mami Gesi. Sebelum memutuskan untuk menjadi play therapist, Gesi aktif menulis di blognya dan mengampanyekan tentang bahaya virus Rubella. Hal ini didasari oleh pengalamannya membesarkan putri pertamanya, Aubrey, atau dikenal dengan panggilan Ubii, yang menderita Congenital Rubella Syndrome yang diakibatkan oleh virus Rubella yang menjangkit Grace ketika mengandung Ubii.

    Setelah berdamai dengan keadaan, Grace banyak berkontribusi dalam kampanye Rubella, masih aktif menulis di blog bersama dengan suaminya (Adit) serta bekerja sebagai play therpist.  Grace juga sering berbagi kegiatannya bersama Aiden, putra keduanya, dan membagikan aktivitas gratis yang bisa dicetak sendiri dari rumah. Banyak bahan diskusi bermanfaat dari coretan Grace di Instagram story, lho. Coba deh Ibu-Ibu follow.

  4. Dr. Meta Hanindita, S. PA @metahanindita

    Dr. Meta Hanindita, S. PA

    Dokter Anak serbabisa ini sepertinya sudah tidak asing lagi didengar. Sudah banyak juga Ibu-Ibu yang tercerahkan perihal nutrisi anak yang secara rinci disampaikan dokter Meta. Penjelasan-penjelasan dokter Meta melalui Instagram story berhasil mengupas fakta dan mematahkan mitos tentang tumbuh-kembang anak, pemenuhan nutrisi di 1000 hari pertama kehidupan anak, dan banyak hal lain yang menarik untuk disimak.

    Dokter yang juga penyiar radio ini biasa membumbui Instagram story-nya dengan cuplikan video lagu khasidah yang unik dan bisa mengundang gelak tawa. Dokter Meta juga aktif menulis dan sudah memiliki 5 karya seputar tumbuh-kembang anak, ASI, dan MPASI.

  5. Elvina Lim Kusumo @indonesiamontessori

    Elvina Lim Kusumo

    Elvina Lim Kusumo adalah Ibu di balik @indonesiamontessori yang dipercaya sebagai akun Instagram pertama yang mengenalkan tentang home education berbasis Montessori di Indonesia. Elvina berbagi kegiatannya bersama Caleb, atau sering ia sebut dengan C1. Elvina yang tinggal di Singapura ini juga mengeluarkan buku berjudul Montessori di Rumah yang bisa dijadikan panduan Ibu-Ibu yang ingin menerapkan Montessori bersama anak.

    Ada juga buku Real Mom Real Journey yang Elvina tulis tentang menjadi Ibu. Ketika C2, putri keduanya yang bernama Charis lahir, Elvina terus menerapkan metode yang sama dan tentu saja banyak dibagikan melalui akun Instagramnya. Website indonesiamontessori.com juga menyajikan informasi, aktivitas, dan penjelasan seputar Montessori.

  6. Najelaa Shihab @najelaashihab

    Najelaa Shihab

    Putri sulung dari Mantan Menteri Agama pada Kabinet Pembangunan VII, Muhammad Quraish Shihab ini sejak kecil menyukai dunia pendidikan. Hingga saat dewasa, ia berhasil menjadi salah satu pakar pendidikan dan mendirikan Sekolah Cikal yang menitikberatkan pada pengembangan kepribadian dan bakat siswanya.

    Tidak hanya pendidikan anak yang menjadi konsentrasi Ibu Ela. Ia juga memberdayakan guru lewat program-program dalam Kampus Guru Cikal. Ibu Ela juga menggagas terbentuknya layanan daring Keluarga Kita tentang pendidikan keluarga karena ia percaya bahwa pendidikan juga urusan keluarga. Akun youtube Semua Murid, Semua Guru juga dibentuk Ibu Ela untuk mengedukasi tidak hanya siswa tapi juga orang tua.

  7. Elizabeth Zenifer @elizabeth.zenifer

    Elizabeth Zenifer

    Perempuan yang akrab disapa Mom Eliz adalah momfluencer yang banyak membagikan pengalamannya dalam menyusui David Bradley Zhang, putra pertamanya, di Instagram. Mom Eliz dengan rinci menjelaskan pengalamannya seputar ASI, MPASI, kitchen hacks, dan berbagai macam tips tentang travelling, kosmetik, makanan, bahkan urusan menata isi koper!

    Mom Eliz kini juga memiliki putri kedua, Giada Althea Zhang, yang juga ia bagikan kesehariannya melalui akun Instagram @giada_althea atau melalui akun Instagram pribadinya sendiri. Lewat direktori #directorymamanyadavid Mom Elis seolah punya semua jawaban dan trik mengatasi permasalahan Ibu-Ibu. Wah, menarik untuk diikuti bukan?

  8. Fiona Irene @fionairene

    Fiona Irene

    Fiona Irene adalah seoran Ibu yang menyukai gaya belajar berbasis metode bermain. Mama dari Aiden dan Coen ini begitu mencintai bentuk-bentuk permainan open-ended. Tak jarang ia juga membagikan aktivitas permainan sensori bersama anak-anaknya dengan bahan yang ada di rumah. Fiona juga memiliki usaha toko mainan open-ended impor bernama @kulalatoys yang menyediakan berbagai brand mainan edukatif yang mengasah kreatifitas anak.

  9. Citra Ayu Mustika @olevelove

    Citra Ayu Mustika

    Momfluencer yang satu ini sering dijuluki Mak Aji. Postingan utamanya adalah kisah perjuangan ASI untuk putri pertamanya, Zayda. Melalui #zaidaasijourney, Ibu bisa mengakses kisah Citra dalam mengASIhi Zayda sampai sempat menyusui sambil mengandung putri kedua, Fayza.

    Setelah banyak bercerita tentang ASI, maintenance, dan semua seluk beluk ASI, Citra pernah membagikan kiat-kiat menjalin hubungan lebih baik dengan suami. Hingga ia pun merilis buku perdananya berjudul "Uncensored : Teronglyfe, Blak-Blakan Soal Pasutri". Saat ini, menyusul pula buku keduanya tentang "Anti Kendor Menyusui". Citra juga tengah menekuni bisnis daring pakaian menyusui dan ia juga merupakan konselor menyusui bersertifikat.

  10. Prita Hapsari Ghozie @pritaghozie

    Prita Hapsari Ghozie

    Jika teringat istilah financial planning, salah satu nama influencer yang sering disebut karena mengedukasi netizen tentang pentingnya pengelolaan keuangan adalah Prita Ghozie. Selain sebagai CEO dan konsultan finansial di ZAP Finance (@zapfinance), melalui akun Instagramnya, Prita Ghozie cukup aktif menggungah kesadaran orang tua milenial untuk lebih melek soal pengaturan keuangan keluarga.

    Bahkan, tak jarang Prita menulis review singkat drama atau film korea yang ditontonnya, dan menunjukkan pelajaran berharga yang bisa kita ambil sebagai refleksi pengalaman hidup, salah satunya dari segi pentingnya melakukan perencanaan hingga soal pemilihan asuransi jiwa, tabungan, investasi, dan sebagainya.

    Selain ikut membagikan tips menghindari masalah keuangan melalui feed Instagram, Prita Ghozie juga menawarkan serangkaian webinar maupun kelas online yang bisa diikuti oleh para milenial yang nggak ingin terlambat memperbaiki kondisi finansial mandiri maupun keluarga.

Nah, akun-akun Instagram momfluencer tersebut sangat menginspirasi bukan? Tak melulu soal jumlah follower, mereka berani menyebarkan kebaikan melalui caranya masing-masing lewat akun Instagramnya. Berkontribusi untuk orang lain bisa melalui cara apa saja, salah satunya melalui media sosial.

Penulis: Dwi Ratih